Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu

Selasa, 10 Oktober 2017 - 21:20 WIB
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu
A A A
JAKARTA - Pagi itu, suasana teluk Jakarta begitu tenang. Ombak besar tak terlihat, angin begitu sepoy berhembus di antara hangatnya matahari pagi di Dermaga Batavia Marina, Sunda Kelapa, Selasa (10/10/2017).

Tak ada pemandangan berbeda di pagi itu, sejumlah kapal dan yacht mewah masih terparkir seperti biasa. Beberapa awak kapal melakukan aktivitas seperti biasa, ada yang membersihkan kapal, mencuci geladak kapal, hingga memanaskan mesin kapal.
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu

Tak terkeculi satu kapal besar berjenis catamaran, Quicksilver di sisi tengah dermaga. Kapal dengan panjang 37 meter dengan berat 376 GT tampak gagah terparkir.

KORAN SINDO dan SINDOnews beruntung bisa menikmati seisi yacth mewah berkabin tiga lantai. Kemewahan semakin tampaksaat memasuki kapal. Di sisi kanan belakang terdapat tangga kecil selebar satu meter berbahan baja menyambut dua pintu kayu di tengah kabin. Dengan ukiran unik dengan kaca bermotif, kabin terlihat megah dengan dua mini bar dan gelas wine di bagian atasnya.

Ada juga sofa kulit berwarna cream dengan paduan karpet tebal biru yang semakin mempercantik kabin. Paduan lantai dansa berkayu serta sorotan lampu disco juga terlihat serasi. Di sana pula sejumlah penumpang sering kali bergoyang menikmati hingar bingar lantunan musik dalam kapal.
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu

Masih di ruangan itu, kemewahan kapal terpancar dari kaca coklat yang mengelilingi meja dan kursi. Dari kaca itu, penumbang bisa melihat lautan yang begitu luas, terutama saat kapal berlayar.

Memasuki anak tangga menuju lantai 2 yang berada di depan lantai dansa, terdapat sofa dan kursi serta tv layar datar yang membuat kesan mewah kapal tersebut.

Berbeda dengan sofa dan meja di lantai 1, sofa serta meja di lantai 2 lebih tersusun rapih dan terasa nyaman dan lebih menyenangkan. Sebab di belakang kapal terlihat dua pintu ukiran kaca menghadap ke luar geladak kapal, ruang pengemudi kapal berada tepat di sisi sofa penumpang.
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu

Sementara, suasana di luar dek tampak terlihat dengan karpet karet berwarna abu. Penumpang pun bisa bersantai. Sekali waktu, saat kapal ini di berlayar secara pribadi, dentuman music disc jockey berasal dari kabin ini. Dengan luas hampir 15 x 5 meter, kabin di sisi belakang ini tampak begitu menarik menikmati sepoi hembusan angin laut. Di belakang kabin, terdapat anak tangga menuju ke lantai 3.

Bak mercusuar, lantai teratas ini merupakan dataran tertinggi kapal. Bagian dalamnya terdapat kursi kursi plastik, di mana penumpang bisa melihat suasana laut dari titik tertinggi kapal.

Tanpa adanya pembatas seperti kaca maupun besi kapal. Suasana dilantai tiga memberi daya tarik tersendiri. Tak ada batasan mata maupun penghalang yang mampu membuat jarak pandang menjadi terganggu. Semuanya tampak begitu menyenangkan melihat lumba lumba laut Jawa berloncat di pinggiran kapal.

"Nah kalau ada ikan besar kaya lumba lumba, biasanya lantai tiga cukup penuh," kata Safri, salah satu awak kapal.
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu

Marketing Kapal Quicksilver Bagus Satrio mengklaim yacht ini merupakan yang termewah berlayar di Kepulauan Seribu. Saking tersohornya, menikmati pejalanan ke Pulau Seribu pun haruslah mengantre.

Untuk perjalanan regular dengan pemberangkata dari dermaga Batavia Marina di Pelabuhan Sunda Kelapa menuju Pulau Ayer, Kepulaan Seribu, satu penumpang di patok dengan tarif Rp450 ribu untuk pemberangkatan pulang pergi.

Dengan perjalanan mencapai sekitar 2-3 jam, para penumpang akan diajak menyusuri spot spot menarik di kawasan kepulauan seribu, pasir putih Pulau Onrust, spot wisata Pulau Bidadari, snorkling dan diving di perairan Tidung, dan dermaga dan penginapan mewah di Pulau Ayer.

Harga itu sudah termasuk makan siang dalam kapal dengan menu pembuka roasted duckling, salmon and corn salad. Makan siang prasmanan ini, mulai butter rice, fried noodle, roasted potatoes, lasagna atau cannelloni, stir fried vegetables, grilled squid and shrimp, south china sea fried chicken, black pepper beef sampai batavia chili mango sauce.

Penumpang juga dapat menikmati beef wellington served mushroom sauce, black pepper sauce and BBQ sauce.

Setelah menikmati hidangan utama, hidangan penutup berupa fruit cocktail, coconut drink, fresh fruits, roll cakes, lumpur cake, klaapertaart, cream caramel, assorted cake dengan minuman teh atau kopi.

Dalam kegiatan itu pula mendapatkan hiburan berupa musik dan dansa, serta sulap dan badut untuk anak anak.

Sekalipun kapasitasnya mampu mengangkut 500 orang, namun karena dekorasi yang mewah, kapal ini hanya mampu memuat 130 penumpang dengan 15 awak kapal.

"Ini sesuai dengan manifesto penumpang kami. Tersedia tiga sekoci dengan kapasitas angkut 50 penumpang dan pelampung," terang Satrio.

Berbeda dengan kapal lain, kapal catamaran dalam konsep disajikan kapal ini cukuplah nyaman. Dengan ruang disisi tengah kapal membuat kapal ini cukup nyaman dalam menghantam ombak lautan.
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu

"Jadi tidak akan goyang begitu ada ombak. Kemarin aja kami menghadapi ombak 8 meter tetap santai," tuturnya, sembari menjelaskan hampir 10 tahun kapal ini dikomersilkan.

Menurut Satrio, ada tiga kapal dengan jenis dan nama yang sama seperti kapal ini. Satu kapal di Jakarta, satu di bali yang digunakan untuk transportasi di daerah itu, serta satu kapal lagi di Merak yang digunakan sebagai cadangan bila salah satu kapal mendapatkan perawatan.

Untuk perjalanannya, diketahui setiap minggu pada minggu pertama, ketiga dan keempat kapal ini berjalan secara regular menyisiri kepulauan seribu.

Sementara, untuk minggu keduanya setiap bulannya kapal ini melakukan perawatan agar dapat tetap digunakan.

"Sesekali ada juga memboking full kapal untuk gathring, acara ulang tahun, dan pernikahan. Kalo itu kami kenakan tarif Rp70 juta selama 3 jam," tutur Satrio.

Terpisah, Kabid Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Toni Bako mengatakan destinasi wisata Kepulauan Seribu memang masih menjadi daya tarik pihaknya.
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu

Setiap bulan, hampir ribuan orang berwisata di ke Pulau Seribu menggunakan yacth pribadi, kapal angkutan, maupun lainnya. Dari 3.284 jumlah destinasi wisata belum termasuk hotel, Industri wisata di Jakarta dan Kepulauan Seribu mampu menarik 196.603 tenaga kerja.
Yacth Mewah Penyusur Kepulauan Seribu
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6879 seconds (0.1#10.140)