Kesepian Bisa Perparah Pilek

Kamis, 26 Oktober 2017 - 15:20 WIB
Kesepian Bisa Perparah Pilek
Kesepian Bisa Perparah Pilek
A A A
JAKARTA - Umumnya seseorang pilek rata-rata 3-4 kali dalam setahun, khususnya saat musim dingin. Penelitian pun menemukan hal yang bisa memperparah kondisi ini. Salah satunya status hubungan sosial seseorang. Di mana mereka yang mengalami kesepian akan memperburuk pilek.

"Rasa kesepian telah terbukti dapat membuat orang-orang lebih rentan terhadap kematian prematur dan penyakit lain. Tapi belum ada yang melihat bagaimana dampak kesepian terhadap penyakit akut yang kita semua rentan mengalaminya seperti pilek," papar peneliti dari Rice University Angie LeRoy seperti dilansir dari Science Daily.

"Studi ini berkaitan dengan kualitas hubungan Anda, bukan kuantitas (teman). Anda bisa saja berada di ruangan yang ramai tapi tetap merasa kesepian. Persepsi seperti itu yang penting memengaruhi gejala pilek," ujar Angie yang dipublikasikan dalam jurnal Health Psychology.

Penelitian ini melibatkan 159 orang. Mereka diminta mengikuti tes psikologi untuk mengukur tingkat rasa kesepian. Selain itu, peneliti juga menginduksi pilek dan setiap responden dikarantina selama lima hari di sebuah ruangan hotel.

Peneliti pun menemukan hasil yang mengenjutkan. Di mana responden dengan nilai rasa kesepian yang tinggi mengalami gejala pilek parah. Sedangkan dalam hal ini, jaringan sosial yang dimiliki responden diketahui tidak memberikan pengaruh.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9239 seconds (0.1#10.140)