5 Perbedaan Penyakit Pneumonia Biasa vs Mycoplasma Pneumonia

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:06 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, mycoplasma pneumonia dapat menimbulkan gejala yang lebih ringan seperti batuk kering, sakit tenggorokan, demam ringan, dan lelah yang berkepanjangan.

3. Cara Penularan


Pneumonia bisa menular dari satu individu ke individu lain melalui pernapasan partikel penyebab infeksi. Hal ini terjadi saat seseorang yang terinfeksi pneumonia batuk atau bersin.



Orang lain yang berada di sekitarnya dapat menghirup partikel virus atau bakteri tersebut yang kemudian dapat menyebabkan infeksi pada mereka.

Sedangkan, mycoplasma menyebar melalui kontak dengan tetesan dari hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi terutama saat mereka batuk dan bersin. Penularannya diperkirakan memerlukan kontak dekat yang berkepanjangan dengan orang yang terinfeksi.

4. Prognosis


Pneumonia biasa dapat menjadi serius terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak kecil atau orang dewasa yang lebih tua.

Namun, pneumonia yang disebabkan oleh mycoplasma pneumonia biasanya memiliki prognosis yang lebih baik karena gejalanya sering kali lebih ringan.

5. Diagnosis


Pneumonia biasa sering terdiagnosis melalui pemeriksaan fisik, tes darah, dan foto rontgen dada.

Di sisi lain, mycoplasma pneumonia memerlukan tes darah khusus atau tes serologi untuk teridentifikasi.

Demikian ulasan mengenai 5 perbedaan penyakit pneumonia biasa dan mycoplasma pneumonia. Semoga bermanfaat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4230 seconds (0.1#10.140)