5 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan yang Disarankan Ahli Gizi

Minggu, 24 Desember 2023 - 23:00 WIB
loading...
5 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan yang Disarankan Ahli Gizi
Sederet makanan untuk meningkatkan kesuburan disarankan ahli gizi untuk mereka yang sedang berusaha memiliki anak. Makanan ini dikenal menyehatkan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Sederet makanan untuk meningkatkan kesuburan disarankan ahli gizi untuk mereka yang sedang berusaha memiliki anak. Makanan ini dikenal menyehatkan karena kandungan di dalamnya.

Selain mereka yang sedang berusaha memiliki anak, makanan untuk meningkatkan kesuburan ini juga penting bagi usia muda. Sebab, kesuburan dan ketidakseimbangan hormon menjadi masalah yang umum terjadi.

Kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa kesal dan membuat seseorang menjadi lebih mudah marah. Berikut makanan untuk meningkatkan kesuburan yang disarankan ahli gizi dilansir dari Times of India, Minggu (24/12/2023).

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan yang Disarankan Ahli Gizi





1. Omega 3


Seperti diketahui bahwa hormon terdiri dari lemak. Jadi mengonsumsi lemak sehat akan mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon dan mengurangi peradangan. Ada baiknya menambahkan kenari, almond, salmon, mackerel, sarden, biji rami, dan biji chia yang kaya akan omega 3 ke dalam makanan harian.

2. Sayuran Hijau


Sayuran hijau membantu membersihkan tubuh dan juga membantu sirkulasi darah yang lebih baik. Selain itu, makanan ini terbukti baik untuk fungsi hati, kandung empedu, kesehatan tulang (vitamin K), dan juga pemurnian darah. Sayuran hijau seperti bayam, fenugreek, kubis Brussel, daun lobak, dan daun bit baik untuk tubuh manusia.

5 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan yang Disarankan Ahli Gizi

Foto/Infografis SINDOnews



3. Sayuran Laut


Sayuran laut membantu menyediakan yodium, yang meningkatkan fungsi tiroid dan mencegah keguguran. Salah satunya jenis sayuran laut yang baik dikonsumsi seperti rumput laut, kombu, dan wakame.

4. Vitamin D3


Berdasarkan penelitian, vitamin D3 membantu memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi, kesejahteraan emosional, berat badan lahir yang sehat, kekebalan, dan penyerapan mineral. Jalan pagi di bawah sinar matahari, minyak ikan cod, dan suplemen dikatakan merupakan sumber vitamin D3 terbaik.

5. Probiotik


Probiotik seperti sayuran yang difermentasi, kefir, acar buatan sendiri, kanji wortel, asinan kubis, dan kimchi juga membantu meningkatkan pencernaan dan lapisan usus, selain meningkatkan kesuburan dan kehamilan yang sehat.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)