7 Tempat Paling Kotor di Dapur dan Cara Membersihkannya

Sabtu, 13 Januari 2024 - 10:00 WIB
loading...
A A A

3. Spons, Kuas, dan Kain Lap Piring


Dalam upaya mengurangi penggunaan tisu dan dampaknya terhadap lingkungan, banyak rumah menggunakan spons selulosa, sikat pembersih wastafel, dan lap kain. Sayangnya, spons dapur dan sikat pembersih mengandung bakteri dalam jumlah tinggi jika tidak dicuci dan didisinfeksi dengan benar.

Jika Anda menggunakan produk ini, produk tersebut harus dicuci dengan air panas setelah menyiapkan makan atau sesi pembersihan. Sikat wastafel dan sikat sayur dapat ditempatkan di mesin pencuci piring untuk pembersihan menyeluruh setelah digunakan.



4. Talenan


Talenan, terutama papan kayu, dapat menampung bakteri di sudut dan celah kecil yang muncul bahkan setelah sekali digunakan. Penting untuk memiliki setidaknya dua talenan terpisah, satu untuk buah-buahan dan sayuran dan satu lagi untuk daging. Hal ini akan mengurangi kontaminasi silang selama persiapan makanan.

Cuci setiap talenan setelah digunakan dengan air sabun panas dan bilas dengan air panas. Kemudian keringkan sepenuhnya dengan handuk kertas atau handuk bersih. Jangan biarkan talenan lembab karena bakteri menyukai lingkungan yang hangat dan lembab.

5. Pembuat Kopi, Blender, dan Peralatan Kecil


Bahkan air bersih yang disimpan di lingkungan yang hangat dan lembab seperti pembuat kopi dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri, ragi, dan jamur. Beberapa peralatan kecil harus dibersihkan setiap kali selesai digunakan.

Setidaknya setiap minggu, bongkar dan bersihkan peralatan kecil secara menyeluruh. Beberapa komponen aman untuk dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring dan komponen lainnya harus dicuci dengan air sabun panas, lalu dibilas dengan air panas dan dikeringkan sepenuhnya.

6. Kotak Makan Siang, Tas Belanja, dan Botol Air


Setiap kali Anda menggunakan wadah yang dapat ditutup kembali atau kotak makan siang, tas belanja, atau botol air yang dapat digunakan kembali, terdapat potensi kontaminasi silang dari bakteri, kecuali jika dibersihkan dengan benar.

Wadah harus dibongkar seluruhnya dan ditempatkan di mesin pencuci piring atau dicuci dengan air sabun panas, dibilas dengan air panas, dan dikeringkan sepenuhnya. Kebanyakan kotak makan siang dan tas belanja yang dapat digunakan kembali dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci pakaian untuk dibersihkan secara menyeluruh.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)