Mengenal Heart Failure Monitor, Alat Pendeteksi Kadar Air dalam Paru-Paru untuk Pasien Gagal Jantung

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:00 WIB
loading...
A A A


Dokter Spesialis Jantung Primaya Hospital dr Rony M. Santoso, SpJP (K) menjelaskan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan alat ini.

Pertama adalah pastikan ruangan tidak bising. Jadi, usahakan melakukan pengukuran dengan HFM di ruangan yang tenang, karena suara yang bising akan memengaruhi hasil pemeriksaan.

Kedua, pastikan alat HFM menempel langsung ke dada.

"Walau sebetulnya hasil tetap akan terbaca jika pasien menggunakan baju, tapi akan lebih baik jika alat ditempelkan langsung ke dada kanan dan kiri," jelas dr Rony.

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat pemeriksaan adalah postur tubuh harus tegak. Ini pun akan menjadi faktor penting hasil pemeriksaan.

"Poin lainnya adalah, saat pemeriksaan dilakukan pastikan pasien menarik napas dalam-dalam agar suara paru-paru terbaca dengan baik, karena data suara paru-paru akan terbaca juga di alat tes," ungkap dr Rony.

Lebih lanjut, untuk waktu pemakaiannya sendiri, dr Rony, menyarankan agar pasien melakukan pemeriksaan sekali sehari di pagi hari, karena itu waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2431 seconds (0.1#10.140)