Mengapa Air Kelapa Begitu Banyak Khasiatnya? Simak 7 Penjelasan Ini!

Senin, 19 Februari 2024 - 06:36 WIB
loading...
A A A
Meskipun penelitian tersebut menarik, penting untuk dicatat bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang melibatkan manusia dan kekuatan antioksidan air kelapa. Setiap penelitian pada hewan juga selalu menggunakan dosis dan parameter yang berbeda.

3. Membantu Turunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian pada 2015, tikus penderita diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.



Sebuah studi pada 2021 yang melibatkan tikus penderita diabetes juga menemukan bahwa air kelapa mengurangi glukosa darah.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Namun, manfaat tambahan gula darah lainnya dari air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

Namun, penting untuk diingat bahwa air kelapa mengandung karbohidrat yang dipecah menjadi gula di dalam tubuh. Jadi jika Anda menderita diabetes atau pradiabetes, bicarakan dengan dokter atau ahli diet sebelum menambahkannya ke dalam makanan Anda.

4. Bantu Bencegah Batu Ginjal

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, namun dua penelitian kecil menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin. Kristal-kristal ini dapat membentuk batu-batu kecil.

Dalam sebuah penelitian tahun 2013 pada tikus penderita batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Dalam sebuah penelitian pada 2018 yang melibatkan delapan orang, para peneliti menemukan bahwa air kelapa meningkatkan buang air kecil yang mengandung kalium, klorida, dan sitrat pada individu tanpa batu ginjal, yang berarti air kelapa dapat membantu mengeluarkan sistem serta menjaga kemungkinan terjadinya batu ginjal tetap rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)