Mengapa Air Kelapa Begitu Banyak Khasiatnya? Simak 7 Penjelasan Ini!

Senin, 19 Februari 2024 - 06:36 WIB
loading...
A A A
Karena satu penelitian melibatkan hewan dan penelitian lainnya masih sangat kecil, perlu dilakukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat air kelapa dalam mengurangi kemungkinan batu ginjal.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian pada 2008, para peneliti memberi makan tikus makanan yang kaya lemak dan kolesterol. Mereka juga memberi satu kelompok air kelapa dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan).

Setelah 45 hari, kelompok air kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida serupa dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Perlu diingat bahwa ini adalah dosis yang sangat tinggi. Dalam istilah manusia, jumlah tersebut setara dengan orang seberat 150 pon (68 kg) yang mengonsumsi 91 ons (2,7 liter) air kelapa per hari.

Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa air kelapa mungkin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada individu yang menderita tekanan darah tinggi, namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada bidang tersebut.

Salah satu alasan air kelapa dikaitkan dengan penurunan tekanan darah adalah kandungan potasiumnya yang mengesankan (500 mg potasium dalam 8 ons). Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

6. Bermanfaat setelah Berolahraga dalam Waktu Lama

Air kelapa mungkin merupakan minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan. Beberapa elektrolit penting termasuk kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Karena air kelapa mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa lebih bermanfaat dibandingkan air putih untuk rehidrasi setelah berolahraga.

Faktanya, sebuah penelitian kecil di Brasil pada 2014 menemukan bahwa air kelapa meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik daripada air atau minuman olahraga pada hari yang sangat panas.


7. Sumber Hidrasi yang Lezat

Air kelapa alami memiliki rasa sedikit manis. Cairan ini juga cukup rendah kalori dan karbohidrat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)