Mandi Malam Bisa Menyebabkan Penyakit Rematik? Ini Kata Dokter

Minggu, 25 Februari 2024 - 09:00 WIB
loading...
A A A


"Kita tahu tuh bahwasanya penyakit rematik jenisnya banyak. Seperti atritis reumatoid, osteoartritis, asam urat dan penyakit autoimun lainnya itu biasanya disebabkan oleh berbagai faktor," ujarnya.

"Salah satunya genetik, sistem imun yang bermasalah serta berbagai faktor lingkungan dan juga gaya hidup lainnya. Bukan oleh kebiasaan mandi di malam hari," sambungnya.

Penting untuk dicatat bahwa pengaruh lingkungan ini dapat bervariasi antar individu, dan tidak semua orang dengan penyakit rematik akan merasakan dampak yang sama dari faktor-faktor lingkungan ini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang dampak mandi malam atau faktor lingkungan lainnya terhadap kondisi rematik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli reumatologi.

"Jadi kalau kamu sehat dan tidak punya masalah dengan rematik nih, mandi malam itu aman-aman aja kok yang penting jaga kebersihan dan suhu airnya jangan terlalu dingin. Terus untuk menjaga kesehatan sendi dan menghindari rematik, lebih baik fokus pada gaya hidup sehat seperti olahraga teratur, makan makanan bergizi dan cukup istirahat," pungkasnya.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)