3 Olahraga yang Berisiko Picu Gangguan Tulang Punggung Jika Dilakukan Berlebihan

Senin, 11 Maret 2024 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Dokter Lee bahkan pernah menemukan salah satu kasus pada pasiennya yang memiliki bantalan sendi yang rusak parah akibat terlalu berlebihan melakukan olahraga sit up. Padahal, usia pasien itu masih sangat belia.

“Saya pernah bertemu remaja berusia 19 tahun, sangat-sangat muda tetapi semua bantalan (bagian punggungnya) rusak. Sebab dia memang berlebihan,” ungkapnya.

“Karena dia setiap hari sampai 300 kali sit up. Jadi itu memang nggak bagus jika dilakukan berlebihan,” imbuh sang dokter.

3. Bersepeda

Olahraga bersepeda terkenal bermanfaat untuk melatih kekuatan otot hingga meningkatkan kesehatan jantung. Namun, sadar atau tidak, olahraga satu ini ternyata punya risiko besar terhadap masalah tulang punggung karena posisi Anda yang harus terus-terusan membungkuk saat bersepeda.

“Yang ketiga bersepeda. Karena posisi orang bersepeda itu rata-rata harus bungkuk,” ujar Dr Lee.

Dokter Lee menyebut, bagi banyak pesepeda, terutama yang belum terbiasa atau belum paham betul mengenai pilihan sepeda yang tepat, nyeri punggung saat bersepeda sering kali dialami. Misalnya, teknik pesepeda yang kebanyakan masih salah karena posisi panggul dan punggung bawah yang terlalu menekuk.

Posisi ini ternyata menyebabkan otot-otot core abdomen pada punggung berada di posisi yang kurang optimal untuk bekerja secara efisien.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)