Kedai Kopi Kaki Lima Sajikan Kopi Penuh Cita Rasa

Selasa, 18 September 2018 - 15:05 WIB
Kedai Kopi Kaki Lima Sajikan Kopi Penuh Cita Rasa
Kedai Kopi Kaki Lima Sajikan Kopi Penuh Cita Rasa
A A A
DI Indonesia, berbagai kalangan tua dan muda masih banyak yang gemar ngopi sambil nongkrong, baik di warung kopi pinggir jalan hingga coffee shop berkelas.

Hal ini menjadi gagasan lahirnya kedai kopi kaki lima atau populer dengan sebutan street coffee shop milik Ifan Gondrong yang diberi nama Cafe Keliling. Ifan ingin menjadi alternatif bisnis kopinya merangkul komunitas pecinta kopi di mana saja berada dalam segala lapis kelas sosial.

Dengan bermodalkan motor tiga roda yang diubahnya menjadi kafe bisa berkeliling ke mana saja. Di mana keramaian berada, di situ Cafe Keliling menjajakan kopinya. “Jadi, kami keliling di sekitar Kota Serang mulai dari alun-alun, stadion, dan titik keramaian lainnya, bahkan kami berkeliling hingga Kota Cilegon,” kata Ifan.

Cafe Keliling sangat segmented, dilahirkan untuk masyarakat pencita kopi yang tidak punya banyak waktu untuk datang ke coffee shop. “Sasarannya tentu menengah ke bawah dan para penikmat kopi murni,” kata dia.

Cafe Keliling ini terinspirasi dari beberapa sampel pedagang yang menggunakan motor roda tiga. “Sebagai penikmat kopi, saya terpikir membuat kafe dengan modal yang tidak terlalu besar. Modal awal untuk membuat Cafe Keliling mulai dari motor tiga roda, custom motor, peralatan kopi, sampai biji kopi,” tuturnya.

Bagi pengunjung yang datang tentu akan mendapatkan sensasi rasa kopi sejati. Sebab di Cafe Keliling hanya menjual kopi dari biji kopi pilihan, kopi segar yang baru dirosting dengan suhu tertentu.

“Soal pengunjung saat ini masih fluktuatif, masih menyasar berbagai komunitas, seperti komunitas teater, masyarakat umum pencita kopi,” katanya. Untuk menu sendiri di Cafe Keliling tidak kalah dengan coffee shop yang berada di ruko-ruko besar atau mal.

Menu di Cafe Keliling terdapat ice coffeelate, vietnam coffee, espresso, kopi tubruk, dan beberapa kopi dari Nusantara, seperti kopi gayo, toraja, ijen (arabica) kopi bengkulu (robusta). Penyajian manual brewing dengan alat V-60, Aero Press, Moca Pot, dan Franch Press.

Salah satu pengunjung Cafe Keliling, Ei Nurul Khotimah yang juga merupakan anggota DPR asal Banten mengaku nyaman dengan sajian Cafe Keliling milik Ifan Gondrong itu. “Karena suka kopi, sangat nyaman walaupun sambil nongkrong di jalan, dan kopinya juga enak,” katanya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8252 seconds (0.1#10.140)