Nikmati Sate Kambing Winong Tak Harus ke Purworejo

Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:32 WIB
Nikmati Sate Kambing Winong Tak Harus ke Purworejo
Nikmati Sate Kambing Winong Tak Harus ke Purworejo
A A A
JAKARTA - Kini, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Purworejo untuk bisa menikmati kelezatan sate winong. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cukup mudah.

Sate kambing winong merupakan sate yang terbuat dari daging kambing muda dengan bumbu kecap khas dan irisan daun jeruk. Saat dihidangkan, tampilan sate winong berbeda dengan sate kambing lainnya karena tusukan sate dilepas sehingga hanya tersisa daging dan tambahan daun jeruk yang diiris tipis-tipis hingga menyerupai helai rumput.

Selain itu, ada banyak potongan bawang merah yang diiris dalam potongan besar. Bagi penyuka rasa pedas siapkan sambal kecap yang dicampur dengan potongan cabai dan potongan jeruk nipis.

Nama sate ini sendiri diambil dari nama daerah tempat di mana sate ini dikenal yakni Desa Winong, Purworejo, Jawa Tengah. Dan berikut resep membuat sate kambing winong seperti dinukil dari laman Eresep.

Bahan-bahan:
400 gram daging kambing, dipotong kotak 2x2x1 cm
150 gram gula merah sisir
200 ml air
5 buah cabai rawit merah, diiris
1 sdt air jeruk nipis
1 sdm minyak goreng
12 buah tusuk sate

Bumbu halus:
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm lengkuas

Pelengkap:
4 butir bawang merah, diiris kasar
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, diiris halus
2 sdm bawang merah goreng

Cara membuatnya:
1. Rebus gula merah, bumbu halus, dan air hingga agak kental. Dinginkan. Untuk sambal, ambil 2/3 bagian. Tambahkan cabai rawit dan air jeruk nipis. Aduk rata. Sisihkan. Campur daging kambing, 1/3 bagian air gula merah dan minyak goreng. Remas-remas. Diamkan 1 jam.
2. Tusuk daging di tusuk sate. Bakar sambil diolesi sisa bumbu sampai matang.Lepaskan tusuk sate. Tata sate, bawang goreng, bawang iris dan daun jeruk di atas piring. Sajikan sate bersama sambal kecap.
3. Sate kambing winong siap disajikan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)