Film Kiblat Dinilai Tidak Pantas Tayang, Produser Sambangi MUI

Rabu, 27 Maret 2024 - 17:20 WIB
loading...
Film Kiblat Dinilai Tidak Pantas Tayang, Produser Sambangi MUI
Film Kiblat merupakan film horor Indonesia yang tengah kontroversi. Film ini dinilai MUI tidak pantas tayang di bioskop lantaran posternya dianggap penghinaan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Film Kiblat merupakan film horor Indonesia yang tengah menuai kontroversi. Film ini dinilai Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak pantas tayang di bioskop lantaran posternya yang dianggap sebagai penghinaan.

Ketua MUI Bidang Dakwah KH Cholil Nafis mengatakan bahwa kiblat sendiri memiliki makna arah menghadapnya umat Muslim salat. Namun, poster film Kiblat justru menampilkan seorang wanita tengah salat dengan wajah terbalik.

"Saya tidak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya serem ko judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya Ka'bah, arah menghadapnya orang-orang shalat," kata KH Cholil di Instagram dikutip Rabu (27/3/2024).

Menurut KH Cholil, apa yang dilakukan Leo Pictures selaku rumah produksi film Kiblat telah menggunakan promosi sensitif untuk menarik perhatian banyak penonton. Sehingga film ini tidak pantas untuk tayang dan ditonton masyarakat lantaran dikhawatirkan terjadi kesalahpahaman.



Film Kiblat Dinilai Tidak Pantas Tayang, Produser Sambangi MUI

Foto/teater.co

"Kalau ini benar sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang," jelasnya.

"Sering kali reaksi keagamaan dimainkan oleh pebisnis untuk meraup untung materi. Yang gini tidak boleh dibiarkan harus dilawan," tambahnya.

Setelah ramai dikritik, produser film Kiblat menyambangi MUI hari ini, Rabu (27/3/2024). Pada kesempatan ini perwakilan dari rumah produksi tersebut, Agung Saputra, Layla, Eko, Ika dan lainnya datang didampingi oleh Ustaz Syakir.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh KH Cholil dan Wakil Sekjen MUI KH Arif Fakhruddin. Pada pertemuan ini, tim produser Kiblat menjelaskana isi, judul dan poster dari film horor yang dibintangi Ria Ricis tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)