3 Penyakit yang Rentan Terjadi saat Puasa dan Penyebabnya

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:10 WIB
loading...
3 Penyakit yang Rentan Terjadi saat Puasa dan Penyebabnya
Penyakit yang rentan terjadi saat puasa penting untuk diwaspadai. Masalah kesehatan ini sering muncul dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor tanpa disadari. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Penyakit yang rentan terjadi saat puasa penting untuk diwaspadai. Masalah kesehatan ini sering muncul dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang tanpa disadari justru dilakukan setiap hari.

Penting untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa dengan memperhatikan pola makan yang seimbang, minum cukup air, menjaga aktivitas fisik, dan mengelola stres. Jika Anda mengalami penyakit selama puasa, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

"Sudah muncul nih penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bulan puasa. Udah mulai meningkat," kata dokter spesialis penyakit dalam, Doddy Rizqi Nugraha dikutip dari akun Instagram pribadinya,@dr.doddyrizqi, Rabu (27/3/2024).

Penyakit yang Rentan Terjadi saat Puasa dan Penyebabnya





1. Penyakit Lambung


"Penyakit perlambungan baik dari dispepsia, perih ya atau GERD yang sampai naik ke atas. Karena lambung yang awalnya istirahat itu langsung dibebani dengan banyak makanan dan makanannya kan pun aneh-aneh," jelasnya.

"Alhasil mual, alhasil naik ke atas. Belum lagi kalau kamu habis sahur langsung tidur. Harusnya turun tuh makanan, eh malah ngedon di lambung. Naik deh ke atas," tambahan.

2. Gula Darah, Kolesterol, dan Asam Urat


Gula darah, kolesterol, dan asam urat sering dikeluhkan banyak orang saat puasa. Penyakit ini bahkan sering muncul bersamaan dan biasanya disebabkan karena kebiasaan makan tidak sehat.

"Ini tidak sekawan, biasanya pada naik semua. Apa itu? Gula darah, kolesterol dan asam urat. Tahu sendiri kan buka puasa kayak apa menunya ya. Sampai dibela-belain war takjil. Apalagi yang memang sebelumnya sudah punya riwayat penyakit itu. Puasa yang harusnya menyehatkan, ini malah pada tinggi semua karena hawa nafsu," ujarnya.



3. Batu Ginjal


Batu ginjal muncul saat puasa karena disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih. Penyakit ini biasanya ditandai dengan buang air kecil yang tidak lancar dan nyeri pinggang.

"Batu ginjal ini udah mulai banyak. Biasanya keluhannya kencingnya nggak lancar, nyeri pinggangnya sakit. Bisa jadi disebabkan karena memang asupan air putihnya kurang. Buka puasa, minumnya selain air putih. Padahal air putih is the best," pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)