5 Penyakit dengan Gejala Kesemutan dan Cara Mencegahnya

Jum'at, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Penyakit dengan Gejala Kesemutan dan Cara Mencegahnya
Sederet penyakit dengan gejala kesemutan tidak boleh dianggap sepele. Sebab, ini bisa menjadi tanda, atau alarm bahwa ada sesuatu yang salah dengan saraf. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sederet penyakit dengan gejala kesemutan tidak boleh dianggap sepele. Sebab, ini bisa menjadi tanda, atau alarm bahwa ada sesuatu yang salah dengan saraf tubuh Anda.

Apalagi jika kesemutan semakin lama semakin sering, dan semakin berat serta disertai gejala lain seperti nyeri, mati rasa, kelemahan tangan atau tungkai, gangguan buang air kecil dan buang air besar wajib untuk diwaspadai.

Kesemutan pada dasarnya sensasi yang umum terjadi ketika seseorang merasa seperti jarum-jarum atau kebas di bagian tubuh tertentu. Biasanya, kesemutan disebabkan oleh tekanan sementara pada saraf, misalnya ketika kita duduk terlalu lama dengan kaki yang disilangkan.

Penyakit dengan Gejala Kesemutan dan Cara Mencegahnya



Namun, dalam beberapa kasus, kesemutan bisa menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Beberapa penyakit dengan gejala kesemutan yang perlu diwaspadai dirangkum dari Instagram neurologist, dr. Lilir Amalini, Sp.S, @dokterlilir, Jumat (29/3/2024).



1. Kesemutan jari tangan dan kaki tanda diabetes

2. Kesemutan sebelah kaki gejala saraf kejepit di punggung

3. Kesemutan sebelah lengan tanda saraf kejepit di leher

4. Kesemutan di mulut dan vertigo gejala stroke sumbatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)