Alasan Pemudik Harus Istirahat 4 Jam Sekali, Waspadai Kelelahan saat Arus Balik

Minggu, 14 April 2024 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Kondisi fisik pengemudi bisa mempengaruhi keselamatan penumpang karena jika tidak konsentrasi saat mengemudi akibat kondisi tubuh yang lelah bisa berakibat fatal.

Selanjutnya, hindari rasa kantuk dan lelah, karena bisa mengganggu konsentrasi pengemudi saat di perjalanan. Jika Anda sudah merasa mengantuk segeralah cari tempat peristirahatan dan posko-posko siaga.

Itu sebabnya diharuskan setiap melakukan jalan jauh dengan mobil pribadi, wajib istirahat setiap empat jam sekali.

Luangkan waktu 30 menit setelah berkendara selama empat jam agar stamina tetap terjaga hingga sampai tujuan. Pasalnya, batas kemampuan manusia ketika mengemudi diperkirakan maksimal hanya empat jam.

Jika tidak melakukan istirahat maka akan merasakan lelah dan paling parah bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Kondisi badan yang lelah, otomatis kemampuan mengemudi menjadi menurun, konsentrasi dan pandangan ke depan pun ikut turun sehingga sangat besar potensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu, sangat disarankan ketika melakukan perjalanan jauh selalu menyempatkan istirahat setiap empat jam sekali.



Lakukan kegiatan seperti tidur, atau minum dan baru jalan kembali setelah badan merasa lebih segar.

Gunakan waktu beristirahat juga dengan seefisien mungkin, karena bukan hanya Anda yang ingin istirahat di tempat peristirahatan terutama di jalan tol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2887 seconds (0.1#10.140)