10 Tanda Tubuh Kekurangan Gula, Nomor 7 Harus Diwaspadai

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:05 WIB
loading...
A A A

4. Gemetar


Gemetar adalah gejala yang terjadi ketika sistem saraf otonom diaktifkan selama tubuh kekurangan gula.

5. Ketidakstabilan Emosi


Perubahan suasana hati danepisode emosional yang tiba-tiba yang tidak biasa terjadi pada perilaku normal Anda termasuk di antara gejala neurologis hipoglikemia dan dapat mencakup mudah tersinggung, keras kepala, dan perasaan depresi.



6. Berkeringat


Berkeringat biasanya merupakan salah satu tanda pertama tubuh kurang gula, dan juga terkait dengan lonjakan adrenalin, yang meningkat seiring turunnya kadar glukosa. Keringat hampir selalu muncul selama episode gula darah rendah tetapi akan hilang segera setelah Anda mengonsumsi gula.

7. Sakit Kepala


Ketika gula darah Anda rendah, otak berusaha mempertahankan energi sebanyak mungkin, sehingga Anda merasa pusing. Jika Anda mengalami gejala ini, obati dengan cepat dengan 15 hingga 20 g karbohidrat kerja cepat, seperti jus. Cobalah untuk berbaring juga, dan jika sakit kepala ringan terus berlanjut selama lebih dari 15 menit, inilah waktunya untuk mencari bantuan medis.

8. Kesulitan Berkonsentrasi


Otak bergantung pada gula darah untuk menghasilkan energi, jadi jika terjadi penurunan glukosa, otak tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat membuat sulit berkonsentrasi pada satu hal pada satu waktu. Kabar baiknya adalah tidak ada kerusakan otak jangka panjang yang disebabkan oleh episode hipoglikemia sedang.

9. Masalah Penglihatan


Jika Anda tiba-tiba mulai mengalami masalah penglihatan, penurunan gula darah mungkin menjadi penyebabnya. Menurut survei terhadap 107 penderita diabetes, penglihatan kabur adalah gejala paling umum yang berhubungan dengan mata (mempengaruhi 73 persen peserta penelitian), diikuti oleh penglihatan kabur (sekitar 45 persen) dan bintik hitam (37 persen).

10. Bicara Cadel dan Kebingungan


Otak yang kekurangan gula mengubah cara Anda bersuara. Bicara tidak jelas adalah gejala umum yang terkait dengan kadar gula darah yang turun. Dikombinasikan dengan kecanggungan, yang mungkin tampak seolah-olah Anda terlalu banyak minum alkohol.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)
pixels