Pecel, Ketoprak, dan Gado-gado Masuk Daftar 50 Besar Salad Terbaik di Dunia

Kamis, 09 Mei 2024 - 10:00 WIB
loading...
Pecel, Ketoprak, dan Gado-gado Masuk Daftar 50 Besar Salad Terbaik di Dunia
Pecel, ketoprak, dan gado-gado masuk ke dalam daftar 50 besar Salad Terbaik di Dunia. Daftar tersebut dirilis oleh situs penyedia informasi kuliner, TasteAtlas. Foto/Istock Photo Kanawa_Studio
A A A
JAKARTA - Pecel , ketoprak , dan gado-gado masuk ke dalam daftar 50 besar Salad Terbaik di Dunia yang membanggakan Indonesia. Daftar tersebut dirilis oleh situs penyedia informasi aneka kuliner dari berbagai dunia, TasteAtlas.

Dalam daftar Salad Terbaik di Dunia versi TasteAtlas, pecel, ketoprak, dan gado-gado mengalahkan sejumlah makanan lezat lainnya dari berbagai negara. Seperti Ohitashi dari Jepang hingga Caesar Salad dari Meksiko.

Pecel sendiri berada di urutan 16 dengan perolehan rating 4.2. TasteAtlas menjelaskan bahwa Pecel Indonesia merujuk pada saus kacang yang harum atau kombinasi saus serta berbagai sayuran sehingga disebut sebagai salad.

Bahan dasar kuah pecel terbuat dari kacang tanah panggang dan rempah-rempah. Di mana bahan-bahan yang digunakan terdiri dari cabai, gula aren, bawang putih, air asam Jawa, terasi, daun jeruk purut, garam, dan kencur.



Pecel, Ketoprak, dan Gado-gado Masuk Daftar 50 Besar Salad Terbaik di Dunia

Foto/Instagram TasteAtlas

Sedangkan ketoprak berada di urutan 27 dengan perolehan rating 4.1. Dijelaskan dalam situs tersebut, bahwa ketoprak adalah hidangan jajanan kaki lima tradisional Indonesia yang sering digambarkan sebagai salad tahu.

Dilansir dari TasteAtlas, Kamis (9/5/2024), ketoprak dibuat dengan kombinasi tahu goreng, ketupat, bihun, taoge, kubis, dan mentimun. Perpaduannya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis.

Ketoprak disajikan dengan bawang merah goreng dan krupuk. Hidangan ini dapat ditemukan di banyak pedagang kaki lima di seluruh Jakarta.

Meskipun masih ada perdebatan tentang asal muasal hidangan ini, beberapa pihak mengklaim bahwa jenis salad satu ini pertama kali dibuat di Cirebon. Ini karena mayoritas pedagang kaki lima berasal dari Cirebon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)