10 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Garam, Waspada Kaki Bengkak

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:35 WIB
loading...
A A A

5. Berat Badan Naik


Saat Anda menahan air, berat badan akan bertambah. Jika berat badan naik dengan cepat dalam seminggu atau bahkan beberapa hari, itu karena mengonsumsi terlalu banyak garam. Jika berat badan Anda bertambah lebih dari 1 kg dalam sehari atau 2 kg dalam seminggu, pikirkan kembali makanan yang dikonsumsi selama beberapa hari terakhir dan cobalah melakukan perubahan dengan mengurangi garam.



6. Sering Menggunakan Toilet


Lebih banyak garam dapat menyebabkan lebih banyak menggunakan toilet. Hal ini terjadi karena garam dapat membuat Anda sangat haus sehingga mendorong untuk minum lebih banyak air. Akibatnya, Anda harus pergi ke kamar mandi lebih sering dari biasanya.

7. Tidak Tidur Nyenyak


Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi garam sebelum tidur, dapat memicu gangguan pada tidur. Tanda-tandanya bisa berupa tidur gelisah, sering terbangun di malam hari, hingga kurang istirahat di pagi hari.

8. Lelah


Ketika ada terlalu banyak garam dalam darah, air keluar dari sel Anda untuk mengencerkan garam. Akibatnya, tubuh mulai merasa lebih lelah dari biasanya.

9. Masalah Pencernaan


Jika terlalu banyak garam dalam makanan membuat dehidrasi, perut Anda akan merasakannya. Anda mungkin merasa mual, atau mengalami diare. Jika perut sakit atau kram, lihatlah apa yang Anda makan selama beberapa hari terakhir dan cari tahu cara mengurangi garam. Minum banyak air dapat membantu merehidrasi sel-sel dan membuat Anda merasa lebih baik.

10. Gagal Jantung, dan Stroke


Meski ada banyak efek jangka pendek yang harus diwaspadai, ada juga efek jangka panjang dari mengonsumsi terlalu banyak garam. Hal ini dapat meningkatkan peluang Anda mengalami hal-hal seperti pembesaran otot jantung, sakit kepala, gagal jantung, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, batu ginjal, osteoporosis, kanker perut, dan stroke.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)