Tak Sekadar Hewan Lucu, Ini Manfaat Bangun Hubungan dengan Hewan Peliharaan

Senin, 15 Juni 2020 - 10:31 WIB
loading...
Tak Sekadar Hewan Lucu, Ini Manfaat  Bangun Hubungan dengan Hewan Peliharaan
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Manusia dan hewan telah menjalin hubungan erat selama berabad-abad. Lebih dari sekadar hewan yang lucu, hewan peliharaan telah menjadi sahabat, anggota keluarga, bahkan terapis bagi banyak orang. Hubungan emosional yang terjalin antara pecinta hewan dan hewan peliharaan mereka memiliki peran penting dalam berbagai hal.

Salah satu manfaatnya adalah untuk kesehatan mental. Hewan peliharaan menawarkan persahabatan tanpa pamrih dan cinta tanpa syarat, yang dapat membantu meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Interaksi dengan hewan peliharaan memicu pelepasan hormon oksitosin dan endorfin, yang berperan dalam meningkatkan rasa bahagia dan menenangkan pikiran.

Tak hanya itu, hubungan emosional dengan hewan peliharaan juga mendatangkan manfaat berupa kesehatan fisik. Memiliki hewan peliharaan mendorong gaya hidup yang lebih aktif. Berjalan-jalan dengan anjing, bermain dengan kucing, atau bahkan membersihkan kandang kelinci dapat meningkatkan aktivitas fisik dan menjaga kesehatan jantung. Hewan peliharaan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan hubungan emosional tersebut juga mendatangkan kesehatan sosial lho. Hewan peliharaan dapat menjadi jembatan untuk interaksi sosial. Berjalan-jalan dengan anjing di taman dapat membuka peluang untuk bertemu dan bercengkrama dengan orang lain, yang membantu memerangi kesepian dan meningkatkan rasa kebersamaan.

Menyadari adanya manfaat yang besar ini maka Hyde Park Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta bersama USS Network akan menggelar festival hewan bertajuk Pet Fest Indonesia 2024. Acara akan berlangsung pada 21-23 Juni 2024 di ICE BSD City, Tangerang Selatan.

Acara ini dihelat dalam rangka mempererat hubungan emosional antara manusia dan hewan peliharaan. Acara ini juga memberi edukasi mengenai menjaga serta merawat binatang peliharaan.

Co-Founder Hyde Park PIK, Jimmy Lee mengatakan Pet Fest Indonesia 2024 ini merupakan ajang pertemuan para pecinta hewan di Tanah Air agar mereka lebih mengenal hewan peliharaan mereka. Melalui ajang ini, kita bisa bertemu dengan sesama pecinta hewan peliharaan dan berbagi pengalaman tentang bagaimana merawat hewan peliharaan yang kita cintai.

“Kita ingin refresh konsepnya ke arah gen z di dukung lokasi pengen kasi experience untuk pengunjung dan hewan peliharaan itu sendiri dalam hal ini edukasi yang diberikan bintang tamu yang dihadirkan termasuk brand yang berpartisipasi bisa upgrade untuk gen z dan segmen keluarga, “ ungkap Jimmy Lee di sela sela jumpa pers Pet Festival 2024 dikawasan PIK, belum lama ini.

Jimmy menjelaskan kurangnya tempat terbuka yang menyediakan lahan untuk interaksi pecinta hewan peliharaan membuat mereka tergerak untuk menggelar acara ini. Dengan menggandeng USS Network dan ICE BSD, acara ini akan menghadirkan sekitar 100 tenant yang berkaitan dengan hewan peliharaan.

“Dengan adanya festival ini, kami berharap dapat menguatkan hubungan emosional antara pecinta hewan di Indonesia dengan hewan peliharaan mereka. Terlebih, dalam acara ini kami akan mengundang ahli hewan seperti Animal Communicator Drh. Rajanti Fitriani, Pet Stylist terkenal dari Korea Lee Hyun Ae, dan Dog Behaviorist terkenal dunia Cesar Millan," tambahnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)
pixels