Jelajahi Surga Kuliner Nusantara sekaligus Bangkitkan Semangat UMKM

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:25 WIB
loading...
A A A
“Kesempatan yang diberikan oleh TikTok melalui festival ini dapat membuka peluang baru bagi UMKM dan menjadi sarana yang efektif dalam mempromosikan usaha mereka dengan dukungan komunitas penggemar kuliner TikTok yang kreatif dan antusias," terangnya.

Sebagai mitra kolaborasi dalam acara Festival #FoodFestOnTikTok, Badia menambahkan bahwa perkembangan dunia digital dalam dunia kuliner tak bisa dihindari dimana membuat promosi jadi lebih massif dan optimal dibandingkan cara konvensional dan tentu adanya kolaborasi ini tentu untuk semakin mendorong pemberdayaan umkm dan menciptakan peluang usaha baru dan menyadarkan kepada masyarakat kesadaran sosial produk makanan tersebut.

“Kami harap festival kuliner dari TikTok ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para kreator makanan, usaha kuliner lokal dan UMKM bersama komunitas TikTok agar bisa saling terhubung dan berkreasi secara tatap muka. Kami juga mengundang semua masyarakat untuk ikut merayakan cita rasa kuliner nusantara di #FoodFestOnTikTok pada 25-26 Mei mendatang," tutur Faris.

Hadir dalam kesempatan itu, konten kreator Kim Dea yang rutin membuat konten makanan yang ada di sekitar mereka seperti warung pedagang gerobak yang direspon positif oleh follower mereka.

Dea mengaku fokus mereka membuat konten makanan pada keragaman kuliner Indonesia yang begitu beragam di setiap daerahnya terutama yang ada disekitar mereka dan belum pernah di review oleh konten kreator lain agar tentunya mengenalkan dan meningkatkan penjualan mereka.

“Kita fokus pada usaha kuliner kecil yang belum tereksplore karena ingin memajukan mereka misalnya kita pertama itu buat konten pedagang gerobak Jagung susu (jasuke) kita share dan ditonton 20 jutaan lebih orang dan pernah pas ke Bali kita makan rujak kuah pindah itu lokasinya masuk gang kita review banyak komen dan kita senang konten kita membuat jualan mereka laris dibeli orang yang memang tujuan kita buat konten,”jelas Dea diamini Kim.

Kampanye #FoodFestOnTikTok ingin mendorong komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengonsumsi konten tetapi juga aktif berpartisipasi dalam mempromosikan kuliner Indonesia melalui serangkaian kegiatan seru.

Kegiatan tersebut di antaranya berbagi kreasi kuliner lewat konten kreatif: Para pengguna diajak untuk aktif berpartisipasi dalam mempromosikan lanskap kuliner Indonesia yang beragam, melalui tantangan tagar #FoodFestOnTikTok.

Untuk mengikuti tantangan ini, pengguna perlu mengunggah video berdurasi minimal 60 detik ke TikTok dengan menggunakan fitur 'tag lokasi' ('location tagging') dan menyertakan tagar #FoodFestOnTikTok.

Tiga kreator dengan konten kuliner paling kreatif berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp7,5 juta.

Periode tantangan ini berlangsung dari 6 Mei-6 Juni 2024. TikTok juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menjelajahi beragam konten kuliner, salah satunya melalui #FoodFestOnTikTok Hub.

Pengguna dapat menemukan rekomendasi kuliner nusantara, kreator kuliner dari berbagai kota di Indonesia, serta restoran yang paling banyak disukai para pengguna di TikTok.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)
pixels