7 Tips Membersihkan Daging Kurban Agar Tidak Bau dan Aman Dikonsumsi

Senin, 10 Juni 2024 - 22:00 WIB
loading...
A A A
Sisa darah yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan daging cepat membusuk. Gunakan air mengalir untuk membersihkan darah dari daging dengan teliti.



4. Rendam dengan Air Asin


Setelah dicuci bersih, rendam daging dalam larutan air asin selama beberapa waktu. Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau.

Larutan garam dapat membantu membersihkan bakteri yang mungkin tersisa setelah pencucian. Selain itu, garam dapat membantu mengeluarkan sisa darah yang mungkin masih ada di dalam daging.

5. Gunakan Jeruk Nipis atau Cuka


Menggunakan perasan jeruk nipis atau cuka saat membersihkan daging juga efektif menghilangkan bau. Asam dari jeruk nipis dan cuka membantu memecah lemak dan membunuh bakteri.

Asam dari jeruk nipis atau cuka bertindak sebagai disinfektan alami yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi bau pada daging. Tambahkan perasan jeruk nipis atau cuka dalam air pencucian untuk hasil yang maksimal.

6. Simpan di Tempat yang Tepat


Setelah dibersihkan, simpan daging di tempat yang tepat, seperti kulkas atau freezer, jika tidak akan segera dimasak. Pastikan suhu penyimpanan cukup dingin untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Penyimpanan yang baik dan suhu yang tepat sangat penting untuk menjaga daging tetap segar. Suhu dingin mencegah bakteri berkembang biak, sehingga daging tetap aman untuk dikonsumsi.



7. Gunakan Wadah Bersih dan Kedap Udara


Saat menyimpan daging, gunakan wadah yang bersih dan kedap udara. Ini akan membantu mencegah kontaminasi silang dan menjaga daging tetap segar lebih lama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)