Berburu Kemeriahan Festival-Festival Keliling Thailand

Senin, 22 April 2019 - 12:08 WIB
Berburu Kemeriahan Festival-Festival Keliling Thailand
Berburu Kemeriahan Festival-Festival Keliling Thailand
A A A
Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi favorit wisatawan mancanegara. Salah satu pantai di Thailand, yakni pulau Phi Phi, bahkan menjadi tempat pengambilan gambar film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Meski film tersebut telah tayang nyaris 19 tahun yang lalu, sampai saat ini pulau Phi Phi masih ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Bagi Anda yang tertarik berwisata ke Thailand , tahukah anda kalau Thailand memiliki berbagai festival tahunan yang sangat menarik yang digelar di seantero negeri? Kemeriahan festival-festival ini pasti akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi Anda yang berkunjung ke Thailand di waktu tersebut. Simak yuk, tujuh festival di Thailand yang bisa kalian datangi!

Tahun Baru Songkran
Berburu Kemeriahan Festival-Festival Keliling Thailand

Songkran merupakan perayaan pergantian tahun di Thailand yang diadakan setiap bulan April. Meski Songkran tepatnya jatuh pada 13 April, hari ini dirayakan selama seminggu sebelum berakhir di tanggal 16 setiap tahunnya.Selain ritual keagamaan yang dilakukan di kuil-kuil setempat, Tahun Baru Songkran kerap ditemani oleh acara-acara yang menarik lho.

Jalanan akan ditutup saat festival Songkran berlangsung, di mana pada festival ini jalan tersebut akan digunakan untuk perang-perangan air. Di festival ini, orang-orang akan bersiap dengan pistol-pistolan air, maupun ember untuk berlomba menyemprotkan dan mengguyur air kepada siapa saja yang berada di jalan. Kalau tertarik ikut festival ini, Anda harus siap basah-basahanya!

Jika Anda tertarik untuk merayakan festival Songkran, Anda bisa datang ke Khao San Road maupun Silom Road terletak di Bangkok. Adapun jika Anda ingin melihat festival Songkran yang berbeda, Anda bisa datang ke Phuket, Pattaya atau Koh Samui di mana pesta-pesta besar akan digelar.

Loy Krathong
Berburu Kemeriahan Festival-Festival Keliling Thailand

Loy Krathong merupakan festival nasional yang diadakan setiap tahun di Thailand. Loy Krathong digelar pada bulan Oktober atau November, dimana festival tepatnya akan diumumkan satu bulan sebelumnya.

Loy Krathong dirayakan dengan melepaskan Krathong–sesaji berupa daun pisang, bunga, dupa dan lilin yang ditempatkan di dalam satu keranjang yang dibuat dari roti maupun stirofoam ke aliran sungai. Festival Loy Krathong juga dirayakan dengan melepaskan lentera-lentera ke langit yang melambangkan ritual membuang ketidakberuntungan dan awal yang baru.

Meskipun Loy Krathong digelar di banyak tempat di Thailand, beberapa tempat yang menjadi tempat perayaan terpopuler adalah di Sukhothai dan di Bangkok. Sukhothai dipercaya sebagai tempat di mana festival tersebut berasal. Festival akan digelar selama lima hari di mana pengunjung dapat menonton parade, pertunjukan drama, light festival hingga kontes kecantikan. Bangkok yang memiliki banyak aliran air merupakan salah satu tempat yang popular karena Anda dapat ikut menghanyutkan Krathong di sungai Chao Prayamau pun pinggir sungai Asiatique serta menikmati kembang api.

Bandara internasional terdekat dengan Sukhothai adalah bandara Sukhothai dengan durasi penerbangan hanya 1,5 jam saja dari Suvarnabhumi yang dilayani oleh Bangkok Airways kemudian naik taksi selama 30 menit.

Festival Gajah Surin
Berburu Kemeriahan Festival-Festival Keliling Thailand

Gajah bisa dibilang sebagai binatang yang melambangan Thailand. Pada bulan November terdapat festival yang digelar tahunan di kota Surin, di mana sebanyak 300 gajah berjalan dari kota Surin menuju Prasat Road. Parade gajah diiringi dengan marching band yang meriah serta karnaval yang dilakukan oleh anak-anak sekolah. Sesampainya di Prasat Road, gajah-gajah ini akan disambut dengan buah-buahan dan makanan lainnya yang panjangnya saja bias mencapai 400 meter.

Festival Gajah Surin juga diramaikan dengan beberapa pertandingan olah raga serta atraksi yang dilakukan oleh hewan tersebut. Pada puncak acara, digelar pertunjukkan yang menggambarkan peperangan yang terjadi antara pasukan tentara Siam dan tentara Burma.

Dari bandara Don Mueang maupun Suvarnabhumi, Anda bisa naik bus untuk perjalanan selama 5 jam. Anda juga bisa menggunakan maskapai local seperti Bangkok Airways dari Bangkok menuju bandara Ubon Ratchathani, untuk perjalanan selama 1 jam, dilanjutkan dengan kereta selama 2 jam.

Bun Bang Fai (Festival Roket)
Berburu Kemeriahan Festival-Festival Keliling Thailand

Provinsi Yasothon di Thailand mengadakan festival roket atau dikenal dengan istilah Bun Bang Fai setiap tahunnya. Festival ini digelar sebagai permintaan kepada dewa yang dipercaya dapat menurunkan hujan. Pada festival ini, warga bahu-membahu membuat roket dari bamboo berukuran kira-kira 6 meter untuk selanjutnya dapat ditembakkan ke udara.

Roket yang dapat meluncur paling tinggi, akan mendapatkan hadiah dari panitia. Festival Bun Bang Fai dilaksanakan setiap tanggal 4 Mei selama 2 hari. Pada festival ini, diadakan pula parade dengan kostum dan property unik, kontes kecantikan dan pertunjukan budaya lainnya. Untuk dating ke provinsi Yasothon, Anda harus terbang ke bandara Suvarnabhumi, dilanjutkan dengan terbang ke bandara Ubon Ratchathani dengan maskapai yang melayani rute domestik seperti Thai Lion Air serta Nok Air hanya dengan 600 ribu rupiah saja, untuk perjalanan pulang pergi. Atau, jika Anda menyenangi perjalanan yang panjang Anda juga bisa naik kereta selama 11 jam menuju Yasothon.

Chinese New Year

Thailand memiliki penduduk keturunanCina yang cukup banyak. Meskipun Tahun Baru Cina dirayakan oleh berbagai negara di Asia, hari ini dirayakan dengan meriah di Yaowaruj, Chinatown terbesar di Bangkok. Tahun Baru Cina di Thailand dirayakan dengan dekorasi khas berwarna merah dengan lentera-lentera yang dipasang, parade barongsai serta pertunjukkan kembang api. Festival ini dimeriahkan dengan pasar kaget, mulai dari kuliner hingga lapak pembacaan fengshui.

Chinese New Year di Thailand, diadakan di antara bulan Januari dan Februari setiap tahunnya. Di Thailand, keramaian tahun baru Cina dirayakan di daerah-daerah dengan jumlah penduduk keturunan Cina yang dominan seperti Yaowarat di Bangkok maupun Chiang Mai. Jika Anda tertarik untuk merayakannya di Ayutthaya maupun Ratchaburi, dari bandara Suvarnabhumi Anda hanya perlu naik bus selama 1,5 – 2 jam.

Jika Anda ingin tahu bagaimana tahun baru Cina dirayakan di Chiang Mai, lekas berburulah tiket pesawat ke sana! Anda bisa terbang dengan menggunakan maskapai Thai Airways langsungke Chiang Mai. Kalau ingin maskapai yang lebih murah, Thai Lion Air maupun Scoot patut untuk dipertimbangkan.

Festival Vegetarian Phuket

Mengapa festival ini disebut festival vegetarian? Alasannya, karena selama sepuluh hari warga dilarang untuk memakan daging, berkelahi dan membunuh.

Jika Anda menyukai hal-hal yang berbaugore, maka festival ini tidak bisa Anda lewatkan.Pada festival ini, digelar upacara yang mengerikan yakni dengan menindik badan, menusuk bagian tubuh mereka dengan pisau, pedang maupun barang tajam laiannya yang melambangkan bahwa dewa akan melindungi mereka dari bahaya.

Festival ini biasanya diadakan pada bulan Oktober di Phuket. Dari Jakarta, Anda bisa terbang ke Phuket dengan maskapai Malindo, Jetstar maupun Scoot dengan biaya kurang dari 1 juta rupiah saja sekali jalan.

Pattaya Music Festival

Jika Anda adalah penggemar music, tak ada salahnya jika mencoba mendatangi Pattaya Music Festival. Musikdari berbagai genre seperti RnB, Hiphop, Rock hingga Reggae ditampilkan pada festival yang berlangsung selama tiga hari penuh, mulai dari jam 6.30 sore hingga keesokan pagi. Biasanya Pattaya Music Festival diadakan di pesisir pantai Chonburi, mulai dari Dolphin Circle hingga Bali Hai Pier. Anda tidak hanya bisa menonton penampilan musisi yang tampil, di sini, Anda juga bisa membeli kaset maupun CD serta instrument musik yang unik lho.

Biasanya, Pattaya Music Festival diadakan pada pertengahan bulan Maret. Meski tidak ada tanggal pastinya, namun pengumuman mengenai tanggal festival ini digelar akan diumumkan pada akhir bulan Januari. Yang lebih menarik, festival ini diadakan secara gratis bagi pengunjungnya.

Dari Bangkok, Pattaya berjarak sekitar 150 km yang dapat ditempuh dengan mobil selama kurang lebih dua jam. Dari bandara Suvarnabhumi, Pattaya berjarak sekitar 1,5 jam menggunakan mobil. Bandara Suvarnabhumi menyediakan shuttle dari bandara ke Pattaya hanya dengan 120 baht atau 52 ribu rupiah saja!
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6289 seconds (0.1#10.140)