5 Bahaya Konsumsi Daun Singkong Berlebihan, Waspada Keracunan Sianida

Selasa, 09 Juli 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Mengonsumsi daun singkong secara berlebihan dapat menyebabkan kembung, gas berlebih, dan diare. Ini terutama terjadi jika sistem pencernaan tidak terbiasa dengan asupan serat yang tinggi.

3. Kekurangan Nutrisi


Meskipun daun singkong kaya akan nutrisi, pola makan yang terlalu bergantung pada satu jenis makanan bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi.

Konsumsi daun singkong yang berlebihan tanpa variasi makanan lain dapat menyebabkan kekurangan nutrisi esensial lainnya yang tidak ditemukan dalam daun singkong. Ini termasuk vitamin B12, zat besi, dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Gangguan Tiroid


Daun singkong mengandung goitrogen, senyawa yang dapat mengganggu fungsi tiroid dengan menghambat penyerapan yodium.

Konsumsi goitrogen dalam jumlah besar dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid (gondok) dan gangguan fungsi tiroid lainnya, seperti hipotiroidisme.

Memasak daun singkong dapat mengurangi kandungan goitrogen. Tetapi orang dengan masalah tiroid sebaiknya membatasi konsumsi daun singkong atau berkonsultasi dengan dokter.



5. Interaksi dengan Obat-obatan


Beberapa senyawa dalam daun singkong dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Interaksi ini dapat mengurangi efektivitas obat atau meningkatkan risiko efek samping.

Sebagai contoh, daun singkong dapat berinteraksi dengan obat antitiroid dan beberapa jenis obat antikoagulan. Konsultasikan dengan dokter jika sedang menjalani pengobatan tertentu sebelum menambahkan daun singkong ke dalam diet.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)