Live Performance para Musisi yang Paling Bersejarah

Jum'at, 14 Juni 2019 - 11:19 WIB
Live Performance para Musisi yang Paling Bersejarah
Live Performance para Musisi yang Paling Bersejarah
A A A
Live performance adalah cara musisi mengekspresikan keindahan musik ciptaannya agar bisa dinikmati para pendengar secara langsung. Itulah yang membuat orang lebih senang mendatangi konser musik daripada hanya mendengar saja. Banyak penampilan musisi dari berbagai genre digelar di dunia. Namun dari semuanya, setidaknya ada 10 live performance musisi paling bersejarah.

THE SEX PISTOLS

(4 Juni 1976-Lesser Free Trade Hall, Manchester, Inggris)

Sex Pistols terbentuk pada 1975. Mereka memimpin revolusi punk Inggris mengejutkan masyarakat umum dengan pakaian, sumpah serapah, dan musik mereka. Aksi mereka pada 4 Juni 1976 di Lesser Free Trade Hall yang hanya ditonton sekitar 40 orang menjadi penampilan pertama mereka di Manchester.

Pertunjukan ini sering disebut sebagai katalisator untuk adegan musik punk lokal yang menyebar ke seluruh Inggris dan dunia. Pertunjukkan Sex Pistols kembali dipentaskan dalam lm 2002 bertajuk '24 Hour Party People'. Pertunjukkan ini sekarang menjadi bagian dari mitologi punk.

THE ROLLING STONES


(6 Desember 1969–Altamont Speedway Free Festival, California, AS)

Altamont Speedway Free adalah festival yang sangat populer dan legendaris. Digelar di California Utara pada 1969, konser ini diprakasai langsung oleh The Rolling Stones. Walau menampilkan bintang sekelas Santana, Nash & Young dan lain-lain, konser ini gratis. Sayangnya, insiden mengerikan justru terjadi di festival yang dihadiri 300 ribu penonton tersebut.

Salah seorang sekuriti (Hells Angels) Alan Passaro tewas ditikam pisau. Ironisnya, pelaku penikaman baru berusia 18 tahun, Meredith Hunter.Tak hanya itu, beberapa nyawa juga melayang terkait acara ini.

THE DOORS


(1 Maret 1969–Dinner Key Auditorium, Miami, AS)

Salah satu kontroversi besar yang dilakukan Jim Morrison adalah saat The Doors tampil di Dinner Key Auditorium, Miami, AS pada 1 Maret 1969. Ketika itu Jim tiba di aula konser dalam kondisi mabuk. Pertunjukkan pun sangat kacau. Dia menunjukkan bagian tubuhnya yang vulgar kepada para penonton.

Pada Agustus 1970, Jim menyerahkan diri ke FBI dan dinyatakan bersalah atas pelanggaran minor berupa mabuk-mabukan dan berbuat asusila dan dirinya dinyatakan bersalah. Sebelum masalah ini dapat diselesaikan, Morrison meninggal di Paris pada Juli 1971. Kota Miami adalah titik rendah dalam karier singkat Morrison yang tak terlupakan.

PHIL OCHS

(27 Agustus 1968 – Democratic National Convention di Chicago, AS)

Secara khusus, Ochs berada di Democratic National Convention (Konvensi Nasional Demokrat) di Chicago untuk membantu merencanakan dan berpartisipasi dalam protes "Festival of Life”. Konvensi Nasional Demokrat 1968 diadakan untuk memilih kandidat untuk pemilihan presiden November 1968.

Konvensi 4 hari itu menarik ribuan demonstran ke jalan-jalan menentang Perang Vietnam. Kekerasan meletus antara demonstran dan polisi. Di sela demontrasi, Phil tampil dengan membawakan lagu anti perang "I Ain't Marchin 'Anymore". Penampilannya menginspirasi ratusan orang menentang perang Vietnam.

JIMI HENDRIX

(16 Juni 1967–Monterey Pop Festival, California, AS)

Festival Musik Pop Internasional Monterey adalah acara konser tiga hari yang digelar 16 Juni hingga 18 Juni 1967 di Monterey County Fairgrounds di Monterey, California. Festival ini dikenang sebagai penampilan perdana Jimi Hendrix Experience, grup yang digawangi Hendrix.

Ia membawakan lagu sihirnya di 'Hey Joe', 'Like a Rolling Stone', dan 'Purple Haze'. Di lagu terakhirnya, 'Wild Thing', dia membakar gitar di atas panggung. Sebelum aksi ‘liar’ itu dia berlutut di atas gitar Stratocaster-nya, menuangkan cairan di atas gitar dan membakarnya serta melemparkan potongan-potongan gitar ke penonton.

BOB DYLAN


(25 Juli 1965–Newport Folk Festival, Rhode Island, AS)

Newport Folk Festival adalah festival musik tahunan berorientasi rakyat Amerika di Newport, Rhode Island yang dimulai pada Juli 1959 sebagai bagian dari Newport Jazz Festival. Di Newport Folk Festival, Dylan melakukan set rock-and-roll di depan umum untuk pertama kalinya, sementara teriakan dan ejekan penonton menghujani dia.

Enam minggu sebelumnya, Dylan telah merekam single yang menandai kepindahannya dari akustik ke rock and roll yang dialiri listrik. Dengan gitaris Al Kooper dan The Paul Buttereld Blues Band mendukungnya, Dylan naik ke atas panggung dengan gitar electric Fender Stratocaster. Cemoohan dan teriakan penonton hampir menenggelamkan suara Dylan dalam pertunjukkan bersejarah tersebut.

THE BEATLES


(15 Agustus 1965–Shea Stadium, New York, AS)

Era 1965-an nama The Beatles mulai berkibar. Mereka memulai tur Amerika Utara pada 1965. Konser dibuka di stadion tim bisbol New York Mets pada 15 Agustus 1965. Itu adalah konser pertama yang diadakan di sebuah stadion terbuka dan mencetak rekor penonton pertunjukan live yakni 55.600 penonton.

Rekor jumlah penonton yang bertahan hingga 1971. Tiba di sebuah truk lapis baja Wells Fargo, John, Paul, George, dan Ringo berlari ke panggung kecil di tengah lapangan. Mereka membawakan dua belas lagu, antara lain Buy Can'tt Buy Me Love ’,‘ A Hard Day’s Night ’, dan‘ Twist and Shout.

JAMES BROWN


(24 Oktober 1962-Teater Apollo, Harlem, Manhattan, New York, AS)

Live at the Apollo adalah album live oleh James Brown dan Famous Flames yang direkam di Apollo Theatre, Harlem, New York dan dirilis pada 1962. Album ini dimasukkan dalam "Perpustakaan Catatan Dasar" Robert Christgau.

Menyusul kesuksesan di tangga lagu R&B, live performace Brown di teater Apollo adalah pertunjukan yang mengubah Brown menjadi tokoh nasional. 'Live at the Apollo' menduduki chart nomor 2 dalam tangga musik Amerika pada 1963. Lewat konser itu Brown menegaskan sebagai Godfather of Soul.

BOB DYLAN DAN JOAN BAEZ


(28 Agustus 1963 di Lincoln Memorial, Washington DC, AS)

Momen ini adalah pertemuan antara 200.000 hingga 300.000 orang bertajuk demonstrasi politik untuk hak-hak sipil. Pawai hak-hak sipil dimulai di Monumen Washington dan berakhir di Lincoln Memorial. Ada serangkaian pembicara dalam acara itu dan Bob Dylan menyumbang beberapa lagu, termasuk ‘Only a Pawn in Their Game’ dan duetnya dengan Joan Baez dalam ‘When the Ship Comes In’.

Baez juga menampilkan lagu protes Pete Seeger, "We Shall Overcome". Puncak acara ini bukanlah penampilan musikal, tetapi pidato terkenal Martin Luther King ‘I Have a Dream’. UU Hak Sipil disahkan pada tahun berikutnya.

DAVID TUDOR (KOMPOSER-JOHN CAGE)


(29 Agustus 1952 Concert Hall, Woodstock, New York, AS)

John Cage adalah pelopor musik eksperimental terkemuka dengan karya kontroversialnya yang terkenal berjudul 4’33 ' hasil kerjasama dengan komposer David Tudor. Keduanya bekerja sama pada banyak karya Cage dalam instrumen piano dan elektronik, termasuk untuk album Smithsonian Folkways dan Indeterminacy: New Aspect of Form in Instrumental and Electronic Music (1959).

Tudor juga tampil di beberapa rekaman musik Cage, termasuk rekaman Mainstream dari Cartridge Music, rekaman di Columbia Records of Variations II, dan dua rekaman Everest of Variations IV. Pertunjukkan perdana David di Woodstock 1952 adalah konser musik bersejarah bagian dari program musik piano kontemporer.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4757 seconds (0.1#10.140)