10 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Serai dan Cara Menggunakannya

Senin, 15 Juli 2024 - 10:20 WIB
loading...
A A A

4. Mengontrol Tekanan Darah


Serai memiliki efek diuretik yang membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengeluarkan kelebihan garam dan air dari tubuh. Minum rebusan serai secara teratur untuk menurunkan tekanan darah.

5. Mengatasi Infeksi


Sifat antibakteri dan antijamur pada serai dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur, termasuk infeksi kulit dan saluran pencernaan. Manfaat ini bisa didapat dengan cara oleskan minyak esensial serai pada area yang terinfeksi atau minum rebusan serai.



6. Menurunkan Demam


Serai memiliki sifat antipiretik yang dapat membantu menurunkan demam secara alami. Cara menggunakannya, minum teh serai atau rebusan serai.

7. Mengatasi Stres dan Kecemasan


Aroma serai yang menenangkan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Menghirup aroma minyak esensial serai bisa memberikan efek relaksasi. Gunakan diffuser dengan minyak esensial serai atau tambahkan beberapa tetes minyak esensial serai ke dalam air mandi.

8. Mengobati Jerawat


Sifat antiseptik dan astringen pada serai dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mengatasi jerawat, dan mencegah infeksi kulit. Caranya, cukup oleskan minyak esensial serai yang diencerkan dengan minyak pembawa pada kulit.

9. Detoksifikasi Tubuh


Serai memiliki sifat diuretik yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui urine. Hal ini membantu membersihkan sistem tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal. Manfaat ini bisa dirasakan dengan minum teh serai atau air rebusan serai secara teratur.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan dalam serai membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Anda cukup mengonsumsi teh serai atau masukkan serai dalam menu makanan sehari-hari.



Efek Samping Serai

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)