Komunitas Perempuan Berkebaya Ajak Wanita Indonesia Belajar Berkebaya

Selasa, 30 Juli 2019 - 21:30 WIB
Komunitas Perempuan Berkebaya Ajak Wanita Indonesia Belajar Berkebaya
Komunitas Perempuan Berkebaya Ajak Wanita Indonesia Belajar Berkebaya
A A A
JAKARTA - Kebaya menjadi salah satu busana yang identik dengan wanita Indonesia. Oleh sebab itu, melestarikan kebudayaan Indonesia dapat diwujudkan dengan memakai kebaya. Melalui gagasan inilah, Komunitas Perempuan Berkebaya mengajak wanita Indonesia untuk mulai berkebaya.

Agar bisa berbusana kebaya dengan baik dan benar, Komunitas Komunitas Perempuan Berkebaya menggelar kegiatan Belajar Memakai Kebaya. Acara ini juga dihadiri Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina pada hari Jumat (26/7).

Kebaya dipilih karena sangat lekat dengan identitas bangsa Indonesia seperti halnya sari di India. Penggagas Komunitas Perempuan Berkebaya Rahmi Hidayati menyatakan kebiasaan mengenakan kebaya merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap identitas busana asli Indonesia.

“Kebaya merupakan busana yang memiliki nilai sejarah panjang. Sejarah kebaya bermula pada abad ke-15 M dimana pada saat itu kebaya merupakan busana khas perempuan Indonesia, terutama perempuan Jawa. Kemudian pada tahun 1940-an kebaya dipilih oleh Presiden Soekarno menjadi kostum nasional karena sangat erat dengan lambang emansipasi perempuan Indonesia, yaitu RA Kartini. Inilah yang membuat kebaya memiliki arti yang sangat dalam,” tutur Rahmi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menyatakan dukungannya terhadap kegiatan positif yang dilakukan oleh Komunitas Perempuan Berkebaya ini. Menurut dia, kegiatan ini perlu didukung pula oleh generasi muda Indonesia.

“Model kebaya sekarang sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman dan selera milenial. Kami berharap persepsi masyarakat umum tidak lagi mengkotakkan kebaya sebagai busana tradisional saja, melainkan dapat juga menjadi busana yang modis,” kata Susy.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3769 seconds (0.1#10.140)