7 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Jalan Kaki, Diabetes hingga Kanker

Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:00 WIB
loading...
A A A

3. Obesitas


Obesitas merupakan kondisi berlebihnya lemak tubuh yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Jalan kaki adalah cara yang efektif untuk membakar kalori dan membantu dalam pengelolaan berat badan.

Melakukan aktivitas ini secara teratur, bersama dengan diet yang sehat, dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.



4. Penyakit Stroke


Stroke terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terganggu, menyebabkan kerusakan pada jaringan otak. Jalan kaki dapat mengurangi risiko stroke dengan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

Aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan kaki, membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke.

5. Artritis


Artritis adalah peradangan pada sendi yang dapat menyebabkan nyeri, kaku, dan kehilangan fungsi sendi. Jalan kaki adalah bentuk latihan berdampak rendah yang dapat membantu menjaga fleksibilitas dan kekuatan sendi.

Dengan berjalan kaki secara rutin, Anda dapat mengurangi kekakuan sendi, memperbaiki mobilitas, dan mengurangi gejala artritis.

6. Depresi dan Kecemasan


Jalan kaki dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Aktivitas fisik, termasuk berjalan kaki, merangsang pelepasan endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan.

Endorfin dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi serta kecemasan. Jalan kaki juga dapat menjadi waktu yang baik untuk refleksi pribadi dan mengurangi stres.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)