Mpox Mulai Menyerang Anak-anak, Kenali Gejala dan Penularannya

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 09:40 WIB
loading...
Mpox Mulai Menyerang...
Mpox atau cacar monyet di Kongo dilaporkan mulai banyak menyerang anak-anak. Meningkatnya kasus ini di Kongo telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Mpox atau cacar monyet di Kongo dilaporkan mulai banyak menyerang anak-anak. Meningkatnya kasus ini di Republik Demokratik Kongo (DRC) telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini menyatakan wabah tersebut sebagai Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (PHEIC). Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sejak Januari 2023, Kongo telah melaporkan lebih dari 27.000 kasus dugaan mpox dan lebih dari 1.300 kematian.

Sayangnya, prevalensi mpox dikatakan lebih tinggi di kalangan anak-anak. Hal ini membuat banyak pakar kesehatan mendesak orang tua untuk tetap waspada dan mengambil semua tindakan pencegahan untuk melindungi anak-anak mereka.

Dilansir dari Only My Health, Jumat (30/8/2024), menurut WHO, anak-anak, ibu hamil, dan penyandang disabilitas mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga lebih tinggi mengalami gejala mpox yang parah.





Penyebab Penularan Mpox pada Anak



Dokter Penyakit Dalam Rumah Sakit Fortis, Anandapur Dr Joydeep Ghosh mengatakan bahwa peningkatan risiko mpox pada anak-anak terjadi karena dipicu oleh beberapa penyebab. Berikut di antaranya.

1. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah


Anak-anak biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah daripada orang dewasa. Ini karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang.

Hal ini dapat mengakibatkan respons yang kurang efektif terhadap infeksi, yang menyebabkan gejala dan komplikasi yang lebih parah pada anak-anak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)