3 Alasan Covid-19 Dapat Menyerang Pria Lebih Parah ketimbang Wanita

Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:35 WIB
loading...
A A A
Dipahami bahwa protein lonjakan pada virus corona seperti SARS-CoV-2, SARS (sindrom pernapasan akut parah), MERS (sindrom pernapasan Timur Tengah) memiliki afinitas untuk ACE- 2 reseptor. Ini hampir seperti reseptor ACE-2 yakni pintu gerbang untuk virus ini. Konsentrasi reseptor ACE-2 lebih banyak ditemukan pada pria dibandingkan dengan wanita. Mereka ditemukan dalam konsentrasi tinggi di paru-paru, jantung, usus dan gonad.

2. Memahami hubungan estrogen dan testosteron

Wanita adalah jenis kelamin yang lebih kuat sehubungan dengan respons kekebalan dan ketahanan. Hormon estrogen wanita merangsang respons kekebalan dengan cepat dan juga menekan replikasi virus SARS-CoV-2. Sebaliknya, hormon testosteron pria menghambat respons kekebalan tubuh sendiri, sehingga pria lebih rentan terhadap infeksi parah. Kualitas estrogen ini tidak hanya terlihat pada Covid-19 kasus saja, tetapi juga pada penyakit virus lain seperti influenza.

3. Kecenderungan genetik

Kemungkinan alasan ketiga untuk fenomena ini adalah bahwa gen, yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi patogen dalam tubuh dan memberikan tanggapan terhadapnya, terdapat pada kromosom X. Karena wanita memiliki kromosom 2X, mereka lebih cenderung memiliki respon imun yang cepat terhadap patogen dan menawarkan perlindungan yang lebih baik. Di sisi lain, wanita cenderung memiliki lebih banyak masalah autoimun karena estrogen dan respons yang cepat terhadap sistem kekebalan, dibandingkan dengan pria.

(Baca juga: Stres Dapat Memperburuk Gagal Jantung )

Sementara itu, survei sero yang dilakukan di Kota Mumbai menemukan bahwa lebih banyak wanita telah mengembangkan antibodi terhadap Covid-19, yang menegaskan fakta bahwa wanita mungkin memiliki penyakit yang sangat ringan yang tidak disadari dibandingkan dengan pria. Oleh karena itu, sementara lebih banyak pria mengembangkan gejala, wanita mungkin sebagian besar tetap terlindungi karena respons kekebalan mereka.

Di sisi lain, pria cenderung mengabaikan atau mengabaikan gejala penyakit dan menunda mencari bantuan medis, yang meningkatkan risiko keparahan penyakit. Jadi, penting untuk memastikan bahwa Anda menjalani tes penyakit jika Anda memiliki gejala apa pun.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)