Menjajal Sensasi Berenang dengan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo

Selasa, 03 September 2024 - 22:00 WIB
loading...
A A A
"Tujuan utamanya tidak hanya mempromosikan pariwisata Botubarani saja, tetapi juga mendorong para pemangku kepentingan untuk melihat kawasan itu sebagai kawasan konservasi. Kita harus mengusung narasi green tourism di sana. Masyarakat harus kita dorong terus untuk menjaga kelestarian lingkungan dan hiu pausnya. Sehingga konsep pariwisata berkualitas dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.



Menjajal Sensasi Berenang dengan Hiu Paus di Pantai Botubarani Gorontalo

Foto/Dimas Andhika Fikri

Akhir pekan lalu, SINDOnews berkesempatan merasakan sensasi berinteraksi dengan hiu paus di Pantai Botubarani, Gorontalo. Wisatawan dapat menyambangi kawasan ini dengan hanya menempuh perjalanan darat sekitar 15-20 menit dari pusat kota.

Setibanya di lokasi, wisatawan dapat memilih paket wisata perahu untuk menuju spot munculnya hiu paus. Paket ini dibanderol Rp100 ribu untuk kapasitas tiga orang ditambah satu kantung udang segar untuk pakan hiu paus.

Jangan lupa menyewa peralatan diving dan snorkeling agar pengalaman berwisata menjadi lebih menyenangkan. Harganya berkisar Rp50 ribu untuk satu set peralatan snorkeling.

Setelah semua persiapan selesai, wisatawan akan langsung diajak ke spot hiu paus yang letaknya tak jauh dari bibir Pantai Botubarani. Jika beruntung jaraknya hanya sekitar 100-150 meter saja.



Pemandu kemudian akan memancing hiu paus dengan mengetuk-ngetuk bagian samping perahu, seraya melemparkan pakan ke atas air. Ketika hiu paus sudah muncul ke permukaan, inilah waktu yang tepat bagi wisatawan untuk terjun dan merasakan sensasi berinteraksi dengan ikan hiu terbesar di dunia tersebut.

Mengingat hiu paus merupakan salah satu jenis ikan dilindungi, ada dua hal penting yang harus diketahui wisatawan. Pertama, wisatawan diminta untuk tidak menyentuh hiu paus untuk alasan kesehatan. Kedua, bila ingin mengabadikan gambar, diharapkan tidak menyalakan lampu flash agar hiu paus tidak merasa terganggung dan membuat gerakan tiba-tiba.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0734 seconds (0.1#10.140)