Hindari 10 Buah Ini, Daftar Lengkap Makanan yang Tak Aman bagi Penderita Diabetes

Senin, 14 Oktober 2024 - 22:39 WIB
loading...
A A A
Seporsi mangga berukuran 100 g mengandung 13,7 gram gula dan 15 gram karbohidrat. Oleh karena itu, mangga adalah salah satu buah yang dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Apel

Apel adalah buah lain yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Apel mengandung 12,2 gram gula dan 14,8 gram karbohidrat.

Kandungan gula yang terkandung di dalam apel disebut sebagai Fruktosa, dan dikenal dengan sebutan “gula buah”.

Kandungan tersebut membantu metabolisme glukosa, yang dapat mencegah lonjakan insulin dan kadar gula darah yang berlebihan. Oleh karena itu, apel dilarang dikonsumsi berlebihan oleh penderita diabetes.

9. Buah Tin

Buah tin umumnya dikenal sebagai buah figs, yang kaya akan karbohidrat dan gula. Di dalam 100 gram buah tin mengandung 19,18 gram karbohidrat dan 16,26 gram gula.

Hal ini berarti buah tin adalah salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan gulanya tergolong dalam jumlah besar.


10. Delima

Kandungan gula dalam satu buah delima mencapai 38,6 gram. Namun, untuk mendapatkan manfaat optimal, disarankan mengonsumsi setengah cangkir saja (sekitar 11,9 gram gula).

Studi pada tahun 2020 mengungkap bahwa buah delima memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, serta berpotensi sebagai penurun tekanan darah.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa konsumsi buah delima secara berlebihan juga tidak baik untuk penderita diabetes. Maka dari itu, harus tetap di seimbangkan juga dengan makanan sehat lainnya.

MG/Inda Farahainnisa
(tdy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0827 seconds (0.1#10.140)