Diet Rendah Lemak Dapat Turunkan Kadar Testosteron pada Pria

Kamis, 23 Januari 2020 - 11:30 WIB
Diet Rendah Lemak Dapat Turunkan Kadar Testosteron pada Pria
Diet Rendah Lemak Dapat Turunkan Kadar Testosteron pada Pria
A A A
JAKARTA - Bagi banyak pria yang didiagnosis kekurangan testosteron, menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan kadar testosteron. Para peneliti mengatakan bahwa khususnya untuk diet rendah lemak, dapat dikaitkan dengan pengurangan testosteron yang kecil namun signifikan.

"Kami menemukan bahwa pria yang mengadopsi diet ketat lemak memiliki testosteron serum lebih rendah daripada pria yang melakukan diet non-restriktif. Namun, signifikansi klinis dari perbedaan kecil dalam serum T pada diet tidak jelas," kata sang peneliti Jake Fantus dari University of Chicago seperti dilansir dari laman Times Now News.

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Urology itu, tim peneliti menganalisis data lebih dari 3.100 pria pada studi kesehatan nasional (National Health and Nutrition Examination Survey atau NHANES). Semua peserta memiliki data tentang diet dan kadar serum testosteron (serum T).

Berdasarkan riwayat diet dua hari, 14,6% pria memenuhi kriteria untuk diet rendah lemak seperti yang didefinisikan oleh American Heart Association (AHA). Sebanyak 24,4% pria mengikuti diet mediterania yang kaya buah, sayuran, serta biji-bijian, tetapi rendah protein hewani dan produk susu. Hanya beberapa pria yang memenuhi kriteria untuk diet rendah karbohidrat AHA, sehingga kelompok ini dikeluarkan dari analisis.

Level serum testosteron rata-rata adalah 435,5 ng/dL (nanogram per desiliter). Menurut penelitian, serum testosteron lebih rendah pada pria di dua diet ketat adalah, rata-rata 411 ng/dL untuk mereka yang diet rendah lemak dan 413 ng/dL untuk yang melakukan diet mediterania.

Asosiasi itu disesuaikan dengan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi testosteron, termasuk usia, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan kondisi medis. Setelah penyesuaian, diet rendah lemak secara signifikan dikaitkan dengan penurunan serum testosteron meskipun diet mediterania tidak.

Secara keseluruhan, 26,8% pria memiliki kadar testosteron kurang dari 300 ng/dL. Meskipun perbedaan dalam tingkat testosteron rata-rata, proporsi pria dengan testosteron rendah adalah serupa di semua kelompok diet.

Para peneliti mencatat bahwa studi lebih lanjut diperlukan untuk menguatkan temuan mereka, dan juga untuk mengklarifikasi mekanisme yang membatasi diet mengurangi testosteron.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7771 seconds (0.1#10.140)