alexametrics

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Olahraga, Usia Bukan Patokan

loading...
Yang Harus Diperhatikan Sebelum Olahraga, Usia Bukan Patokan
Berolahraga merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berolahraga. Foto/Marieclaire.co.uk
A+ A-
JAKARTA - Berolahraga merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Bagi kebanyakan orang, ikut serta dalam olahraga akan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umum. Tak hanya itu, ada banyak alasan lain mengapa Anda harus terlibat dalam olahraga.

Mulai dari pengurangan lemak tubuh, penguatan tulang, peningkatan stamina dan fleksibilitas menjadi beberapa alasan mengapa Anda harus berolahraga. Di sisi lain, olahraga mampu mengendalikan berat badan, serta memungkinkan Anda mendapatkan kepuasan dalam mengembangkan kebugaran dan keterampilan.

Olahraga dapat membantu melawan depresi dan kecemasan. Olahraga memungkinkan untuk menantang diri sendiri dan menetapkan tujuan. Banyak olahraga dapat membantu meningkatkan stamina dan konsentrasi.



Melalui olahraga, Anda akan bertemu orang-orang yang punya minat sama dengan diri Anda dan cenderung mendapatkan banyak teman baru. Selain itu, olahraga adalah cara yang bagus bagi keluarga untuk berolahraga bersama.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berolahraga. Di mana olahraga bukan sesuai usia, melainkan sesuai kemampuan dan kondisi tubuh.

"Berolahraga itu bukan sesuai usia, tapi berolahragalah sesuai kemampuan dan kondisi tubuh. Misalkan usia seseorang 40 tahun, tapi dia tidak pernah olahraga sebelumnya, ya tidak disarankan berolahraga yang langsung mengangkat yang berat, lari yang panjang," kata Spesialis Kedokteran Olahraga Dr. Andi Kurniawan, Sp.KO saat dihubungi SINDOnews.

"Sebaliknya, ketika seseorang berusia 40 tahun tapi dia rajin berolahraga, tidak masalah. Mereka bisa melakukan olahraga apa saja karena memang sudah terlatih. Jadi berolahragalah sesuai dengan kondisi tubuh," lanjutnya.

Dr. Andi menyarankan bagi Anda yang belum pernah berolahraga sebelumnya dan baru akan memulai olahraga, pastikan mengawalinya dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Sementara untuk durasi, idealnya dimulai dengan durasi pendek.

"Mulailah dengan durasi yang pendek terlebih dahulu. Olahraga ringan itu seperti jalan kaki, bersepeda, dan berenang. Kemudian kalau angkat beban, angkat bebannya yang ringan terlebih dahulu," sarannya.

Sedangkan untuk durasi direkomendasikan cukup 30 menit dalam sehari atau 150 menit per minggu. Namun, untuk mereka yang belum pernah olahraga, bisa mulai 15 menit sampai 20 menit per hari, 5 kali dalam seminggu.

"Tapi targetnya, goalnya adalah 30 menit kali 5 per minggu," tandas Dr. Andi.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak