Petualangan Menjelajah Australia lewat Jalur Darat

Jum'at, 25 September 2020 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Dengan perjalanan darat kamu membutuhkan waktu lima hari menyusuri salah satu rute pinggir pantai yang paling terkenal di Australia. Kalau mau berselancarlah di Bells Beach, lalu berjalan-jalan di antara 12 Apostles, dan cicipi anggur di McLaren Vale.

Bertolaklah ke Geelong, kota pelabuhan nan cantik yang berjarak 75 kilometer di barat daya Melbourne. Berhentilah untuk menyantap brunch di salah satu dari sekian banyak kafe lokal - King of the Castle, Box Office, dan Freckleduck, semuanya menawarkan kopi nikmat - sebelum tiba di tempat wisata peraih penghargaan, Narana Aboriginal Cultural Centre. Anda bisa bertemu emus dan kanguru yang hidup di sini, belajar melempar bumerang, dan mengagumi teknik kesenian kuno, sambil menyelami informasi berharga tentang budaya setempat. Program pendidikan budaya di tempat ini akan membekali Anda dengan keajaiban dan kearifan budaya Aborigin yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Torquay. Torquay adalah tempat dimulainya Great Ocean Road dan sering disebut sebagai ‘Ibu Kota Selancar Australia dengan Bells Beach yang ternama di dunia. Tempat ini juga menjadi cikal bakal merek produk selancar terkemuka Rip Curl dan Quicksilver. Jika Anda baru mencoba selancar untuk pertama kali, ikutilah kursus privat Torquay Surf Academy, yang menyediakan peralatan dan pelatih pribadi. Selanjutnya, pesanlah roti lapis atau pai rumahan di Torquay Larder.

Deburan ombak berkejaran di Fairhaven dan Eastern View - menarik untuk disinggahi para penggila selancar - sepanjang perjalanan ke kota resor liburan Lorne, 50 menit berkendara dari Torquay. Setibanya di Lorne, Anda berendam di perairannya atau, jika tidak ingin berbasah-basahan. Anda dapat menghabiskan beberapa jam mengunjungi deretan galeri dan butik di sepanjang jalan utama. Lakukan reservasi untuk makan malam di restoran kelas atas Brae, yang menyuguhkan paket menu hasil racikan bahan makanan setempat yang berkualitas tinggi. Selain itu, tersedia juga penginapan dengan 6 suite mewah di sini.

Nikmati sarapan di tepian Erskine River di Swing Bridge Café sebelum berkendara selama 2 jam untuk melihat 12 Apostles, rangkaian pilar batu kapur yang berdiri menjulang dari perairan Southern Ocean. Parkir di 12 Apostles carpark dan ikuti jalur aspal yang mengarah ke anjungan pandang. Hanya 15 menit berjalan kaki dari 12 Apostles, Anda bisa menemukan Gibson's Steps. Turuni 86 anak tangga yang dipahat pada permukaan tebing untuk sampai ke pantai yang menyuguhkan pemandangan Apostles dari dekat. Untuk mendapatkan sudut pandang unik lainnya dari formasi geologis ini, pesan tur panorama menggunakan helikopter yang akan mengitari 12 Apostles, Loch Ard Gorge, dan London Bridge.

Coba juga dari Apollo Bay, berkendaralah selama 35 menit menuju Cape Otway Lighthouse, mercusuar tertua yang masih berdiri hingga kini di Australia. Naiklah ke anjungan pengamatan di atas mercusuar untuk menikmati pemandangan Southern Ocean yang menakjubkan.

Lanjutkan menyusuri Shipwreck Coast, yang dinamai demikian karena lautan ganasnya telah mengaramkan setidaknya 700 kapal. Jelajahi kota pesisir Warrnambool yang pada bulan Mei hingga Oktober, menjadi tempat berkumpulnya Paus Sikat dari Selatan di Logan Beach. Tak jauh dari sini, singgahlah ke Worn Gundidj at Tower Hill Wildlife Reserve untuk mengikuti tur berjalan kaki bersama pemandu dari perspektif suku Aborigin. Pemandu akan membimbing Anda melewati cagar alam di area gunung berapi yang tidak aktif, tempat kanguru, walabi, emus, koala, echidna, dan ratusan jenis burung berkeliaran dengan bebas. Di akhir tur, cobalah melempar bumerang yang akan kembali lagi pada Anda.

Dari sini, berkendaralah selama 30 menit menuju Port Fairy untuk menyusuri dermaga nelayan dan deretan pondok berwarna putih menawan sebelum beristirahat di hotel butik, Drift House.

Susuri rute menuju Portland, kota kecil bersejarah sekitar 1 jam berkendara dari Port Fairy. Saksikan perahu nelayan yang menurunkan hasil tangkapan di pelabuhan sebelum berkendara selama 10 menit ke Cape Nelson Lighthouse nan cantik. Di sini, Anda bisa mengikuti tur yang akan menguak sejarah maritim kawasan tersebut. Memutarlah ke Bridgewater Bay Café untuk beristirahat sejenak dan menyegarkan diri sebelum mengikuti Cape Bridgewater Seal Walk sejauh 2,5 kilometer. Gardu pandang di ujung jalan setapak menyuguhkan pemandangan kawanan anjing laut bulu Australia yang berjumlah sekitar 650 ekor. Coba pesan bersnorkel dalam kerangkeng agar bisa lebih merapat dan bercengkerama dengan hewan menggemaskan ini.

Kembali ke jalan raya, berkendaralah sejauh 50 menit melewati Nelson dan melintasi perbatasan South Australian. Berhentilah di Mount Gambier, yang berlokasi di bekas gunung berapi kuno dan dikelilingi danau kawah nan luas. Susuri jalan setapak sejauh 3,6 kilometer di sekitar Blue Lake, yang airnya berubah warna menjadi biru kobalt pada bulan Desember hingga Maret. Anda juga bisa menghabiskan sedikit waktu untuk menjelajahi Umpherston Sinkhole yang memukau. Objek wisata alam yang unik ini semula adalah gua yang terbentuk melalui peleburan batu kapur. Lubangnya terbentuk ketika bagian atas gua runtuh ke bawah. Lubang tersebut diubah menjadi taman yang indah oleh James Umpherston pada sekitar tahun 1886 dan dibuka sepanjang waktu. Mulai senja setiap malam, area ini menjadi hidup ketika possum yang menetap di sini berkeliaran di taman yang bermandikan cahaya untuk mencari makan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3650 seconds (0.1#10.140)