Jangan Lengah, Meski Makin Banyak Penyitas Covid-19 Sembuh

Senin, 26 Oktober 2020 - 13:15 WIB
loading...
Jangan Lengah, Meski Makin Banyak Penyitas Covid-19 Sembuh
Meski pandemi Covid-19 belum berlalu, tapi jumlah kesembuhan terus meningkat. Namun bukan berarti kenaikan jumlah penyitas Covid-19 yang sembuh membuat kita semua lengah. Foto/dok
A A A
MESKI pandemi Covid-19 belum berlalu, tapi jumlah kesembuhan terus meningkat. Namun bukan berarti kenaikan jumlah penyitas Covid-19 yang sembuh membuat kita semua lengah. Menjada protokol kesehatan tetap diperlukan untuk menekan pandemi ini.

Jangan Lengah, Meski Makin Banyak Penyitas Covid-19 Sembuh


Menanggapi semakin banyaknya pasien yang sembuh dari Covid-19, DR. dr. Erlina Burhan, M.Sc, SP.P(K) mengatakan hal tersebut dikarenakan kasus Covid-19 sekarang sudah banyak yang diketahui sejak lebih dini lewat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan. Dari hasil tes tersebut jika individu dinyatakan positif maka akan dirujuk ke rumah sakit khusus penanganan Covid-19. (Baca: Inilah Penyebab Hati Tidak Merasakan manisnya Iman)

"Sekarang masyarakat sudah banyak yang dites PCR, sehingga jika ditemukan pada kasus awal, maka penanganannya akan lebih mudah. Proses penyembuhan juga akan lebih cepat" ujar dokter spesialis paru di RSUP Persahabatan dalam wawancara telepon. Berbeda kondisinya jika pasien datang ke fasilitas kesehatan sudah dalam keadaan berat seperti sesak napas parah, tentu penanganannya pun akan lebih sulit.

Dibenarkan dr. Daniel Bramantyo, dalam sepekan kasus sembuh corona telah meningkat. Ini artinya upaya penyembuhan pasien yang terinfeksi Covid-19 berjalan semakin baik. Menurutnya setiap hari tenaga kesehatan melakukan case report dan evaluasi lebih lanjut untuk dijadikan pembelajaran dalam menangani virus corona ini. (Baca juga: Tips Menyelesaikan Kredit Bermasalah)

"Bagaimana virus ini menginfeksi orang lain dan penyebarannya seperti apa, dari situ kita lakukan berbagai tindakan untuk mencegah penyebaran lebih tinggi lagi," kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) yang kini menjadi rumah sakit rujukan Covid-19.

Senada dengan dr. Erlina, dr. Daniel juga mengatakan tes PCR yang dilakukan pada masyarakat sudah semakin banyak dengan begitu kasus Covid-19 ini bisa tertangani segera jika hasil tes positif. Fasilitas kesehatan menurutnya juga semakin membaik, ini terlihat dari rumah sakit pemerintah maupun BUMN yang menjadi rumah sakit rujukan.

Selain itu, tenaga kesehatan juga semakin mumpuni dengan dibekali pelatihan atau SOP untuk menangani pasien Covid-19. "RPSJ sendiri sudah mempunyai SOP yang baik dalam menangani pasien covid-19 dan RSPJ juga punya semua kebutuhan untuk penanganan covid-19," pungkas dr. Daniel. (Lihat videonya: Skateboard Dapat Melatih Keberanian Anak-anak Sejak Dini)

Kendati demikian, bukan berarti kewaspadaan masyarakat menjadi menurun terhadap virus korona ini. Dr. Daniel mengimbau agar masyarakat terus melakukan social distancing dan menjaga kesehatan dan yang lebih penting lagi mencuci tangan secara rutin. "Harus terus melakukan perlindungan diri agar tidak menambah beban (kesehatan) dan tidak terkena infeksi. Sebab kita tidak tahu apakah virus ini kasusnya semakin bertambah atau bisa kita cegah dalam beberapa waktu ke depan," pungkasnya. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)