Mau Kurangi Gula Harian? Ini Tipsnya

Selasa, 27 Oktober 2020 - 21:17 WIB
loading...
Mau Kurangi Gula Harian? Ini Tipsnya
Berbagai penyakit tidak menular bisa muncul akibat konsumsi gula berlebih. Foto Ilustrasi/Relias Media
A A A
JAKARTA - Suka makanan dan minuman manis? Hati-hati, berbagai penyakit tidak menular bisa muncul akibat konsumsi gula berlebih. Sebut saja penyakit jantung, alzheimer dan demensia, diabetes tipe 2, hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, hingga karies gigi.

Soda dan minuman manis lain berpotensi merusak enamel gigi. Itu mengapa American Heart Association merekomendasikan batasan konsumsi gula yaitu kurang dari 6 sendok teh per hari bagi wanita anak-anak, serta 9 sendok teh per hari bagi pria.

(Baca Juga: Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Perencanaan Keuangan yang Baik )

Tips berikut bisa Anda lakukan untuk mengurangi asupan gula harian.

Minuman Berpemanis

1. Pilih soda diet daripada soda biasa jika Anda penyuka minuman bersoda. Tapi, ketahui ada risikoa lain mengonsumsi soda diet ini. Mulai menambah nafsu makan, resisten insulin, hingga risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Pilih sparkling water. Ini adalah variasi air mineral yang merupakan cairan jernih, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Tapi tentu lebih baik lagi air putih.

3. Kalau belum bisa menghilangkan kebiasaan minum minuman manis, Anda bisa menambahkan jus tanpa gula ke sparkling water.

4. Hindari minuman olahraga jika tidak perlu. Minuman ini mengandung gula untuk mempercepat hidrasi dan mengisi kembali karbohidrat di tubuh. Minuman ini sebetulnya ditujukan bagi mereka yang intens latihan. Sebaliknya, bagi yang berolahraga satu jam atau bahkan kurang, tidak membutuhkannya.

Teh dan Kopi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1904 seconds (11.210#12.26)