Kadar Asam Urat Tinggi? Yuk Coba Atasi dengan Cara Ini!

Senin, 30 November 2020 - 13:20 WIB
loading...
A A A
3. Hindari minuman manis
Minuman manis, soda, dan bahkan jus buah segar terkonsentrasi dengan fruktosa dan gula yang mengandung glukosa. Fruktosa dari gula rafinasi dalam jus atau makanan lain diserap lebih cepat daripada gula dari makanan yang memiliki riasan alami yang perlu dipecah dalam tubuh.

Penyerapan gula rafinasi yang lebih cepat akan meningkatkan kadar gula darah dan juga menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi. Gantilah minuman manis dengan air yang disaring dan smoothie kaya serat.

4. Minum lebih banyak air dan hindari alkohol
Minum banyak cairan membantu ginjal mengeluarkan asam urat lebih cepat. Bawalah sebotol air setiap saat. Setel alarm setiap jam untuk mengingatkan agar minum beberapa kali.

Minum alkohol bisa membuat lebih dehidrasi dan bisa memicu kadar asam urat tinggi. Ini terjadi karena ginjal harus terlebih dahulu menyaring produk yang terjadi dalam darah akibat alkohol, bukan asam urat dan limbah lainnya. Beberapa jenis minuman beralkohol seperti bir juga tinggi purin.

Baca juga : Makanan Manis Picu Tingkatkan Risiko Penyakit Alzheimer

5. Menurunkan berat badan
Seiring dengan diet, berat badan ekstra dapat meningkatkan kadar asam urat. Sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat daripada sel otot. Selain itu, membawa berat badan ekstra akan mempersulit ginjal untuk menyaring asam urat. Menurunkan berat badan terlalu cepat juga dapat memengaruhi level.

Jika kelebihan berat badan, sebaiknya hindari diet iseng dan diet ketat. Bicaralah dengan ahli gizi tentang diet sehat dan rencana penurunan berat badan yang dapat Anda ikuti. Dokter dapat merekomendasikan target berat badan yang sehat untuk tipe tubuh Anda.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)