Lawan Sembelit, Konsumsi 7 Makanan Mengandung Serat Berikut Ini

loading...
Lawan Sembelit, Konsumsi 7 Makanan Mengandung Serat Berikut Ini
Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi setiap hari. / Foto: Ilustrasi/Integris
JAKARTA - Serat penting untuk kesehatan. Jenis serat tertentu dapat meningkatkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan melawan sembelit . Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi setiap hari. Ini berarti sekitar 24 gram serat untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

(Baca juga: Sering Migrain? Ini Cara Mudah untuk Mengatasinya! )

Sayangnya, diperkirakan 95% orang dewasa dan anak-anak tidak memenuhi asupan serat harian yang direkomendasikan. Di Amerika, rata-rata asupan serat harian diperkirakan 16,2 gram.

Untungnya, meningkatkan asupan serat relatif mudah. Di mana Anda cukup masukkan makanan berserat tinggi ke dalam pola makan Anda. Lantas apa saja makanan yang mengandung serat? Berikut makanan mengandung serat yang harus dimakan seperti dilansir Health Line.



1. Pir

Pir adalah buah populer yang lezat dan bergizi. Pir salah satu sumber serat buah terbaik. Isi serat buah ini 5,5 gram dalam pir mentah berukuran sedang, atau 3,1 gram per 100 gram.

2. Stroberi



Stroberi adalah pilihan yang lezat dan sehat yang bisa dimakan segar. Menariknya, stroberi juga salah satu buah padat nutrisi yang mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat. Isi serat pada stroberi berkisar 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top