5 Cara Tingkatkan Kesehatan Mental Selama dan Setelah Natal

Jum'at, 25 Desember 2020 - 16:04 WIB
loading...
A A A
Sebuah penelitian dari tahun 2000 menemukan bahwa jalan kaki singkat selama 10-15 menit dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan ketenangan. Meskipun itu adalah sesuatu yang sederhana, seperti menari di dapur atau mengajak anjing jalan-jalan sedikit lebih lama, semua penting.

3. Mengatasi kesepian

Untuk mengatasi kesepian, berusahalah melakukan kontak. Baik itu panggilan telepon sederhana atau obrolan video, jadwalkan beberapa percakapan. Ingat, Anda bukanlah satu-satunya yang merasa kesepian. Jika aman dan diperbolehkan di daerah Anda, temui seorang teman di suatu tempat di luar dan berjalan-jalanlah.

Periksa email, teks, dan media sosial dapat berguna di saat-saat seperti ini. Kirimkan pesan "Apa kabar?" kepada seseorang yang Anda rindukan. Mereka mungkin juga merindukan Anda. Waktu kosong bisa bergerak lambat. Temukan podcast baru, dengarkan lagu baru atau lama, pelajari gitar, mulai menggambar lagi, pelajari keterampilan baru, atau apa pun.

Pikiran yang sibuk cenderung tidak memikirkan kesepian. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang-orang yang terlibat dalam tugas yang menyenangkan dan memasuki keadaan lancar akan bernasib lebih baik selama karantina.

4. Makan dan minum dengan baik

Ada bukti yang menunjukkan bahwa apa yang dimakan memengaruhi suasana hati. Misalnya, pola makan yang sehat, seperti pola makan Mediterania, dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik daripada pola makan yang tidak sehat, seperti pola makan Barat.

Dengan mengingat hal ini, memastikan bahwa Anda makan dengan baik menjelang dan hari-hari setelah Natal dapat membantu menjaga pikiran tetap stabil.

(Baca juga: Ini 3 Kegiatan Seru di Rumah untuk Mengisi Libur Akhir Tahun )

5. Selaraskan harapan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)