Hari Ini, Tenaga Kesehatan Indonesia Mulai Divaksin

Jum'at, 15 Januari 2021 - 13:03 WIB
loading...
Hari Ini, Tenaga Kesehatan Indonesia Mulai Divaksin
Hari ini, vaksinasi akan dilakukan pada para tenaga medis di 34 provinsi di Indonesia dan secara serentak dan bertahap kepada sekira 1,4 juta tenaga kesehatan. Foto/Dok.SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Setelah Presiden Jokowi mendapat vaksinasi pertama pada Rabu (13/1), bersama sejumlah pejabat, tokoh agama, organisasi profesi serta perwakilan masyarakat, hari ini, vaksinasi juga dilakukan secara serentak dan bertahap untuk 1,4 juta tenaga kesehatan di 34 provinsi di Indonesia.

Di Jakarta, RSUPN Cipto Mangunkusumo menggelar vaksinasi pertama bagi tenaga kesehatan pada Kamis (14/1) di Poliklinik Madya. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 juga diikuti oleh Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, PhD, KEMD.



Direktur Utama RSCM dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS mengatakan bahwa pada kick off pertama vaksinasi diberikan kepada 25 tenaga kesehatan dan akan dilakukan secara bertahap bagi seluruh tenaga kesehatan maupun tenaga penunjang kesehatan di RSCM.

''Pada pagi hari ini, kami akan melakukan kick off vaksinasi terhadap 25 tenaga kesehatan. Namun, untuk 6000 lainnya, akan diselesaikan dengan setiap hari melakukan penyuntikan terhadap 275 tenaga kesehatan secara bertahap,'' ungkap dr. Lies.

Dirinya meyakini dengan adanya program vaksinasi bagi nakes akan memberikan perlindungan dan keamanan bagi tenaga kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan di RSCM bisa terus berjalan.

Dalam proses vaksinasi, ada 4 tahapan yang harus dilalui oleh Wamenkes, mulai dari tahap registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin, hingga observasi selama 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping pasca penyuntikan.

Sementara iru Usai disuntik, Wamenkes mengaku tidak merasakan gejala maupun reaksi pasca vaksinasi. Ia mengaku baik-baik saja.

''Saya rasanya biasa-biasa saja, tidak ada rasa sakit, rasa pegal, ketakutan tidak ada, kita tetap observasi untuk menjaga efek samping setelah vaksinasi (KIPI),'' kata Wamenkes dr. Dante.

Dijelaskannya, kekebalan tubuh tidak langsung terbentuk pada penyuntikan pertama. Kekebalan baru akan tercipta dalam 2-6 minggu pasca penyuntikan kedua. Untuk itu, dirinya berharap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 harus berjalan beriringan dengan penerapan protokol kesehatan 3M guna memberikan perlindungan optimal. Sehingga kekebalan imunitas bisa segera tercapai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)