Puasa Ramadhan di Musim Pancaroba, Begini Tipsnya Agar Tubuh Tetap Fit!

Senin, 12 April 2021 - 16:25 WIB
loading...
A A A
Baca Juga : Makanan Khas Selama Ramadhan, Ini 5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Saat jam buka puasa tiba, Budiningsari berpesan agar masyarakat tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan. Porsi makan untuk berbuka puasa sebaiknya berkisar 10-25 persen dari kebutuhan sehari-hari, disusul makan malam setelah shalat magrib sekitar 25-35 persen, jajan malam sekitar 10-25 persen, sedangkan saat sahur 20-35 persen kebutuhan harian.

Tidak hanya menjaga gizi seimbang, selama berpuasa masyarakat juga diimbau untuk tetap melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Masyarakat dapat melakukan olahraga dengan aktivitas rumah tangga dan senam aerobik ringan hingga sedang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Selanjutnya, istirahatlah yang cukup minimal 8 jam sehari. Menjadwalkan tidur secara teratur penting dilakukan karena jadwal tidur saat puasa berubah drastis.

“Hindari stres karena bisa menurunkan kekebalan,” imbuhnya.

Terakhir, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang masih ada di Indonesia. Antara lain dengan menjaga kebersihan melalui rajin cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari keramaian, dan memakai masker di luar rumah.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)