Menkes Ingatkan Kepala Daerah Lansia Prioritas Program Vaksinasi Selama Ramadhan

loading...
Menkes Ingatkan Kepala Daerah Lansia Prioritas Program Vaksinasi Selama Ramadhan
Foto Ilustrasi. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Pada Minggu (18/4) pukul 12.05 WIB, vaksin COVID-19 yang diproduksi PT Sinovac asal China sudah mendarat di Indonesia. Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin , pasokan vaksin yang siang tadi tiba menggunakan pesawat Garuda Indonesia itu berjumlah enam juta bulk alias dalam bentuk bahan baku.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Dehidrasi, Batasi Minum Kopi Saat Sahur

“Hari ini kami kedatangan 6 juta bulk vaksin dari China, sebagai bagian dari pengiriman 140 juta bulk vaksin yang akan kita terima di tahun ini. Kita sudah ada sekitar 59,5 juta bulk vaksin yang akan diproduksi oleh Bio Farma menjadi sekitar 47 juta dosis vaksin,” kata Menkes Budi, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (18/4).

Menkes Budi memberikan catatan khusus kepada seluruh kepala daerah yang memegang wewenang terkait program vaksinasi di seluruh daerah selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri atau April-Mei 2021, bahwa vaksinasi bakal diprioritaskan untuk orang-orang kelompok lanjut usia (lansia).

“Pesan saya kepada semua kepala daerah, baik itu gubernur, bupati, dan semua untuk terus menjalankan program vaksinasi. Saat bulan Ramadhan, banyak orang yang ingin bertemu dengan keluarga. Tolong diprioritaskan ke lansia, sehingga mereka terlindungi jika dikunjungi oleh keluarga. Imunitasnya relatif jadi lebih baik,” beber Menkes.



Pada saat yang bersamaan, Menkes Budi juga menegaskan bahwa sesuai dengan arahan Majelis Ulama Indonesia (MUI), masyarakat tak perlu cemas divaksinsasi saat berpuasa karena hal itu tak membuat puasa jadi batal.

“MUI sudah menginformasikan bahwa selama bulan puasa vaksinasi tidak membuat batal puasa. Jadi vaksinasi tetap harus dijalankan,” tegas Menkes Budi.

Di sisi lain, Menkes Budi menginformasikan pula bahwa dalam tempo satu bulan ke depan atau sekitar Mei 2021, Indonesia sudah bisa menerima sekitar 20 juta dosis vaksin.

Baca Juga: Tips Jadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat saat Berpuasa

“Sampai sekarang sudah ada 22 juta dosis, dari 46 juta yang masuk yang sudah kita terima serta didistribusikan ke seluruh daerah dan provinsi. Dalam satu bulan ke depan, kita bisa menerima sekitar 20 juta dosis lagi hasil produksi Bio Farma atas kedatangan vaksin ini. Dengan demikian, kita berharap program vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten, kota untuk bulan April dan Mei bisa lancar dan berjalan baik,” pungkas Menkes Budi.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top