Mengapa Mengonsumsi Vitamin D Tetap Harus Berjemur? Begini Penjelasannya

Rabu, 14 Juli 2021 - 14:11 WIB
loading...
Mengapa Mengonsumsi Vitamin D Tetap Harus Berjemur? Begini Penjelasannya
Ada catatan penting yang perlu diketahui masyarakat terkait dengan mengonsumsi vitamin D. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Vitamin D dianggap sebagai 'obat dewa' oleh sebagian orang karena dipercaya mampu memberikan manfaat luar biasa untuk tubuh. Vitamin yang diproduksi dalam tubuh manusia ini pun kini banyak diincar masyarakat.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Jangan Lupa Buang Alat Kebersihan Pribadi

Konten Video Youtube Deddy Corbuzier dengan dr Henry Suhendra yang membahas vitamin D pun kini disorot banyak mata. Sang dokter di situ pun menyebutkan bahwa vitamin D memang baik untuk tubuh.

Namun, ada catatan penting yang perlu diketahui masyarakat terkait dengan konsumsi vitamin D. Hal itu disampaikan Dokter Nadia Alaydrus di Instagram pribadinya.

Di awal video, Dokter Nadia menjelaskan bahwa vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang diproduksi oleh tubuh kita sendiri.

Nah, saat Anda mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen, tablet, ataupun makanan, menurut Dokter Nadia, itu masih dalam bentuk 'inactive'.

"Makanya, perlunya kita berjemur di bawah sinar matahari supaya vitamin D yang kita konsumsi itu berubah menjadi vitamin D yang aktif," sarannya di video yang sudah ditonton 520 ribuan netizen.

"Akan menjadi kombinasi yang baik ketika kita konsumsi vitamin D dan kemudian kita berjemur. Jadi jangan salah satu aja!" lanjutnya.

Terkait dengan dosis, apa kata Dokter Nadia?

Dosisnya apabila sebagai suplemen cukup dikonsumsi 400-1000 IU per hari. Namun, ketika digunakan sebagai obat, yaitu orang-orang yang sedang dalam masa infeksi, bisa konsumsi 1000-5000 IU per hari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3685 seconds (11.210#12.26)