Kalibrr Indonesia Manfaatkan Media Sosial sebagai Kampanye Rekrutmen

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 03:42 WIB
loading...
Kalibrr Indonesia Manfaatkan Media Sosial sebagai Kampanye Rekrutmen
?Kesempatan penggunaan media sosial dalam strategi rekrutmen cukup menarik lantaran didukung dengan pertumbuhan jumlah pengguna media sosial yang terjadi. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Seiring langkah pemerintah untuk terus bersama berjuang melawan pandemi dan meningkatkan perekonomian dalam negeri, Indonesia kembali bersiap untuk berlari dan mempercepat laju ekonomi, salah satunya dengan menerapkan percepatan transformasi digital dalam segala bidang.

Baca juga: Varian Delta Sebabkan Kekuatan Vaksin Pfizer dan Moderna Turun

Kalibrr sebagai perusahaan teknologi yang merevolusikan proses rekrutmen perusahaan dan jasa employer branding turut menerapkan transformasi ini sebagai bagian dari strategi jitu agar dapat beradaptasi pada perubahan rekrutmen konvensional ke rekrutmen daring dalam mencari kandidat yang tepat, yaitu menggunakan strategi publikasi melalui media sosial yang dapat dimanfaatkan kapan saja dan di mana saja.

Salah satu faktor yang mendukung percepatan ekonomi adalah perusahaan-perusahaan yang terus aktif merekrut talenta terbaik melalui lowongan pekerjaan di berbagai level. Banyaknya permintaan sumber daya manusia yang meningkat, perekonomian diprediksi melambung selaras dengan menurunnya jumlah angka pengangguran. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk meracik formula baru dan mentransformasikan cara perekrutan karyawan agar semakin relevan dan lekat dengan keadaan saat ini.

"Di tengah situasi pandemi yang serba online kini, rekrutmen perusahaan dituntut untuk bisa menyesuaikan diri sesuai dengan keadaan new normal yang terjadi saat ini. Bagi sebagian perusahaan, tentu saja fakta ini bisa menjadi sebuah tantangan," ujar Brigita Shela, penanggung jawab pelaksanaan proyek dan kampanye dari Kalibrr Indonesia, dalam siaran persnya, Kamis (26/8).

"Perusahaan harus memiliki strategi khusus agar informasi penyebaran rekrutmen dan brand perusahaan dapat tersebar secara masif dan efektif. Hal ini diperlukan bagi perusahaan untuk menjangkau kandidat terbaik di Indonesia secara lebih luas dan merata," tambah dia.

Kesempatan penggunaan media sosial dalam strategi rekrutmen cukup menarik lantaran didukung dengan pertumbuhan jumlah pengguna media sosial yang terjadi di Indonesia, terutama di kalangan milenial dan Gen Z. We Are Social mencatat, pengguna media sosial aktif di Indonesia berada di angka 170 juta jiwa atau sekitar 61,8% warga Indonesia telah melek teknologi dan menggunakan media sosial, presentase ini jauh di atas rata-rata dunia.

Oleh karenanya, mediia sosial menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mempromosikan berbagai hal, salah satunya untuk kampanye rekrutmen bagi beberapa perusahaan.

Penggunaan media sosial dalam kampanye rekrutmen bisa menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan jika ingin menyasar jangkauan yang lebih luas dan memiliki target jumlah pelamar yang tinggi dalam setiap lowongan pekerjaan yang dimiliki. Hadirnya perusahaan melalui media sosial tak hanya berperan dalam menjangkau kandidat yang lebih luas, namun juga dapat memperluas tingkat kesadaran kandidat sehingga akhirnya memutuskan untuk bergabung ke dalam perusahaan.

Kalibrr telah membuktikan bahwa optimalisasi kampanye media sosial dapat mendukung keberhasilan proses rekrutmen perusahaan. Tak hanya dapat menjangkau lebih banyak calon kandidat, kampanye media sosial juga bisa membangun relasi dan interaksi secara langsung dari perusahaan kepada audiens untuk mengenal informasi seputar kebutuhan dan cara kerja perusahaan. Melalui kampanye media sosial, hal-hal yang ingin disampaikan perusahaan pun dapat disalurkan dengan cara yang lebih kreatif, inovatif dan tech-savvy.

Salah satu perusahaan yang menggunakan jasa Kalibrr dalam pelaksanaan rekrutmen melalui kampanye media sosial adalah Bank Central Asia (BCA). Kampanye ini telah berhasil menjangkau jutaan pengguna dan mendorong kandidat yang relevan untuk mendaftar selama periode rekrutmen dilaksanakan.

Baca juga: Menyusui Merupakan Investasi Terbaik untuk Kelangsungan Hidup dan Tingkatkan Kesehatan

"Kalibrr dapat memahami kebutuhan kami dan mengeksekusi ide-ide dengan menarik, tepat waktu dan terstruktur. Kami sangat menghargai etos kerja yang kuat dari tim Kalibrr dalam kesuksesan program-program rekrutmen di BCA," ujar Saraswati Prima, Human Capital Management Division Bank Central Asia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)