6 Efek Samping Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D

Senin, 30 Agustus 2021 - 21:35 WIB
loading...
6 Efek Samping Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D
Foto Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Vitamin D sangat penting bagi kesehatan. Vitamin ini terlibat dalam penyerapan kalsium, fungsi kekebalan tubuh , serta melindungi kesehatan tulang, otot, dan jantung.

Vitamin D bisa didapatkan secara alami dari makanan dan juga diproduksi oleh tubuh ketika kulit terkena sinar matahari. Kandungan vitamin D juga dapat mengoptimalkan beberapa peran darah dalam menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.



Dalam banyak kasus, seseorang bisa kekurangan vitamin D. Namun, di sisi lain, ada pula yang justru kelebihan vitamin D.

Keracunan vitamin D bisa terjadi ketika kadar darah meningkat. Karena vitamin disimpan dalam lemak tubuh dan dilepaskan ke aliran darah secara perlahan, efek keracunan dapat berlangsung selama beberapa bulan setelah seseorang tak lagi terkontaminasi vitamin D.

Berikut beberapa efek samping mengonsumsi vitamin D secara berlebihan, seperti dikutip dari laman Healthline, Senin (30/8).

1. Peningkatan Kadar Darah

Kadar vitamin D yang meningkat cukup dalam darah dapat membantu meningkatkan sistem imun serta melindungi Anda dari penyakit seperti osteoporosis dan kanker.

Sementara, semakin banyak vitamin D diperoleh, jarang seseorang akan mengalami tekanan darah tinggi. Satu studi baru-baru ini melihat data dari 20.000 lebih orang selama 10 tahun. Ditemukan bahwa hanya 37 orang yang memiliki kadar vitamin D cukup, dan satu orang yang mengalami keracunan.

2. Peningkatan Kadar Kalsium Darah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)