Perlukah Masyarakat Umum Mendapatkan Vaksin Booster?

Jum'at, 10 September 2021 - 18:26 WIB
loading...
A A A
"Idealnya adalah pengambil kebijakan paham betul kelompok masyarakat seperti apa yang memang berhak menerima vaksin booster. Di Inggris misalnya, booster terbukti memberi manfaat perlindungan pada kelompok lansia dalam upaya menjaga mereka dari serangan varian Delta," kata Danny Altmann, seorang profesor imunologi di Imperial College, London, Inggris.

Pernyataan lain disampaikan dr. Simon Clarke, profesor mikrobiologi seluler di University of Reading, "Bukti yang kami pegang menyatakan bahwa efektivitas vaksin booster cukup baik untuk individu yang sangat rentan, bukan masyarakat pada umumnya," terangnya.

Jadi, untuk sementara ini dapat dikatakan bahwa urgensi pemberian vaksin booster untuk masyarakat umum belum ada. Terlebih, data-data yang ada masih memberikan gambaran bahwa vaksin yang beredar masih cukup baik memberikan perlindungan terhadap kasus parah ataupun kematian.

"Diperlukan lebih banyak studi akademis untuk menguraikan dengan tepat bagaimana sistem kekebalan merespons vaksin Covid-19. Ini yang kemudian memengaruhi keputusan seberapa penting vaksin booster diberikan untuk kelompok di luar masyarakat rentan," papar laporan National Geographic.

"Saya pikir 6 bulan ke depan akan terlihat lebih jelas datanya seperti apa komponen lain dari respons imun itu pada orang sehat dan di beberapa populasi rentan," kata E. John Wherry, Direktur Institute for Immunology di University of Pennsylvania.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Cafe Dangdut New York Siap Goyang Negeri Paman Sam

"Ini memberi kami keyakinan bahwa diperlukan banyak studi lanjutan untuk memperbanyak referensi terkait masalah ini," tambahnya.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)