Manfaat Sambiloto, Redakan Demam hingga Turunkan Gula Darah

Senin, 04 Oktober 2021 - 18:28 WIB
loading...
A A A

3. Meringankan Gejala Flu

Penelitian menunjukkan sambiloto bermanfaat untuk meredakan gejala flu seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek, serta mempercepat proses pemulihan. Manfaat ini berasal dari zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Untuk memaksimalkan manfaat sambiloto tersebut, Anda bisa memilih suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Sambiloto yang dikonsumsi sebagai jamu, teh herbal, atau suplemen juga dapat menurunkan tekanan darah . Tanaman ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi sambiloto, apabila sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan sambiloto bisa menimbulkan efek samping berupa penurunan tekanan darah secara drastis atau hipotensi.


5. Menurunkan Gula Darah

Ekstrak sambiloto dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, serta mendukung efektivitas pengobatan diabetes dengan metformin. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, sambiloto juga berpotensi menimbulkan efek samping berbahaya, yaitu hipoglikemia.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)