Upaya Capai Herd Immunity dengan Mempermudah Sentra Vaksinasi

Selasa, 05 Oktober 2021 - 14:13 WIB
loading...
Upaya Capai Herd Immunity dengan Mempermudah Sentra Vaksinasi
Sentra vaksinasi harus semakin mudah diakses oleh masyarakat agak akan ada lebih banyak warga yang bersedia melakukan vaksinasi. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, hingga saat ini sudah ada total lebih dari 141 juta penerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua. Itu terdiri dari kelompok masyarakat rentan dan umum.

Dari kelompok usia 12-17 tahun, setidaknya sebanyak 26 juta remaja telah divaksinasi, baik itu untuk dosis pertama maupun kedua.

Apabila jumlah itu digabung dengan angka penerima Vaksinasi Gotong Royong, maka masing-masing tercatat 84 juta dan 47 juta akseptor dosis pertama serta dosis kedua. Sementara, jumlah sasaran vaksin mencapai lebih dari 208 juta orang.

Oleh karena itu, sentra vaksinasi harus semakin mudah diakses oleh masyarakat. Dengan demikian, akan ada lebih banyak warga yangmelakukan vaksinasi.

Baca juga: Lesti Kejora Blak-blakan Hamil 6 Bulan dan Siap Melahirkan Januari 2022

Untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 demi terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunitas, startup health tech SehatQ didukung Enervon-C membuka sentra vaksinasi Covid-19 di pusat perbelanjaan QBig BSD City, Tangerang, Banten. Vaksinasi dosis pertama ini terbuka bagi usia 18 tahun ke atas, yang memiliki KTP tanpa batasan domisili.

Brand Manager Enervon-C, Gigih Rengga Yudhistira pun membagikan tips mengenai perlengkapan yang sebaiknya selalu dibawa di dalam tas, selama masa pandemi.

"Di masa pandemi, ada baiknya menyiapkan hand sanitizer, spray disinfektan, masker cadangan, tisu kering, tisu basah, botol minum, serta multivitamin di tas. Semuanya ini penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, meski sudah mendapatkan vaksinasi," jelas Gigih dalam pernyataan tertulisnya, baru-baru ini.

Baca juga: Gejala Diabetes Tipe 2 di Mata saat Masuk Ruangan Gelap

Dia juga mengingatkan betapa pentingnya untuk tetap mengikuti protokol kesehatan walaupun telah memperoleh vaksinasi Covid-19.

"Selain itu sesudah divaksinasi, jangan lupa untuk minum banyak air, mengonsumsi pereda nyeri jika diperlukan sesuai anjuran dokter, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidur dengan cukup, serta mengonsumsi multivitamin sesuai kebutuhan," paparnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)