Studi Terbaru: Menyusui Berdampak Baik Bagi Otak Ibu di Hari Tua

Senin, 25 Oktober 2021 - 08:56 WIB
loading...
Studi Terbaru: Menyusui...
Studi Terbaru: Menyusui Berdampak Baik Bagi Otak Ibu di Hari Tua. Foto/Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Menyusui atau memberikan ASI sangat direkomendasikan para ahli kesehatan demi kebaikan bayi maupun si ibu. Ya, bukan hanya memastikan bayi mendapat asupan makanan terbaik di 1000 hari kelahiran, tetapi juga membuat otak si ibu bekerja dengan baik hingga tua.

Itu sesuai dengan hasil studi yang belum lama ini keluar, bahwa menyusui bermanfaat terhadap fungsi kognitif jangka panjang si ibu. Jadi, para peneliti di University of California, Los Angeles, melakukan penelitian, menemukan wanita berusia di atas 50 tahun yang menyusui bayinya memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes kognitif dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui.

"Sementara banyak penelitian telah menemukan bahwa menyusui meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang anak, penelitian kami adalah salah satu dari sedikit yang telah melihat efek kesehatan jangka panjang bagi wanita yang menyusui," Molly Fox, penulis studi, mengatakan dalam rilis berita yang dilaporkan Fox News, Senin (25/10/2021).

"Temuan kami, yang menunjukkan kinerja kognitif superior di antara wanita di atas 50 tahun yang telah menyusui, menunjukkan bahwa menyusui mungkin 'neuroprotektif' di kemudian hari," tambahnya.

Baca Juga: Heboh, Ibu Dua Anak Ini Rutin Menyusui Tunangannya

Penelitian berjudul 'Wanita yang menyusui menunjukkan manfaat kognitif setelah usia 50 Tahun' itu menegaskan bahwa efek biologis menyusui dan efek psikososial, seperti peningkatan regulasi stres, dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi otak ibu.

Karena menyusui juga diketahui dapat membantu mengatur stres, meningkatkan ikatan hubungan bayi dan ibu, dan menurunkan risiko depresi pascamelahirkan, yang menunjukkan manfaat neurokognitif akut bagi ibu.

"Kami menduga bahwa hal itu juga dapat dikaitkan dengan kinerja kognitif superior jangka panjang untuk ibu," kata Fox.

Seperti apa penelitian dilakukan?

Peserta dalam penelitian ini semua wanita berusia di atas 50 tahun. Mereka diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes psikologi komprehensif untuk mengukur pembelajaran, ingatan yang tertunda, fungsi eksekutif, dan kecepatan pemrosesan.

Baca Juga: Tidak Perlu Repot, Ini 5 Tips Menyusui di Malam Hari

Hasil menunjukkan bahwa mereka yang pernah menyusui tampil lebih baik di keempat kategori yang diuji, dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui.

Studi ini juga menemukan bahwa jumlah waktu yang dihabiskan untuk menyusui dikaitkan dengan kinerja kognitif yang lebih baik.

"Studi di masa depan diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan antara riwayat menyusui dengan kinerja kognitif dalam kelompok wanita yang lebih besar dan lebih beragam secara geografis," terang Fox.

Ia menambahkan, penting untuk lebih memahami implikasi kesehatan menyusui bagi wanita, mengingat makin jarang saat ini wanita memberikan ASI dan untuk periode waktu yang lebih pendek daripada yang dipraktekkan secara historis.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Unggahan Alyssa Daguise...
Unggahan Alyssa Daguise Usai Melahirkan Viral, Netizen Ramai Beri Dukungan
Jessica Iskandar Akui...
Jessica Iskandar Akui Terpapar Hepatitis A karena Imunnya Ambruk selama Menyusui
Hasil Studi Ungkap Satu...
Hasil Studi Ungkap Satu dari Tiga Orang Indonesia Masih Tolak Ibu Menyusui di Ruang Publik
Erika Carlina Mulai...
Erika Carlina Mulai Menyusui, DJ Bravy Ungkap ASI Sempat Sulit Keluar Usai Lahiran
Sarah Keihl Bagikan...
Sarah Keihl Bagikan Tips Menjadi Ibu Muda Tanpa Kehilangan Jati Diri
Tips Memilih Breastpump...
Tips Memilih Breastpump yang Tepat untuk Ibu Menyusui
Ustaz Maulana : Menyusui,...
Ustaz Maulana : Menyusui, Bentuk Penghormatan Bagi Seorang Ibu
Guru Besar Unair Ungkap...
Guru Besar Unair Ungkap Peran Penting ASI Booster Bagi Ibu Menyusui
Wamendukbangga Isyana...
Wamendukbangga Isyana Sebut 18 Ribu Kader Siap Jadi Ujung Tombak Distribusi MBG
Rekomendasi
Australia Tumbangkan...
Australia Tumbangkan Turki 2-0, Socceroos Kirim Ancaman di Piala Dunia 2026
Alwi Farhan Juara Australia...
Alwi Farhan Juara Australia Open 2026, Indonesia Bawa Pulang 1 Gelar dan 2 Runner Up
Pemerintah Evaluasi...
Pemerintah Evaluasi Program Prioritas, Bakom RI: Waspadai Disinformasi
Berita Terkini
Baskara Putra Raih Penghargaan...
Baskara Putra Raih Penghargaan Musik Bergengsi di Jepang Lewat Lagu 'everything u are'
Bawakan Lagu Goal, Lisa...
Bawakan Lagu 'Goal', Lisa BLACKPINK Buka Piala Dunia 2026 dengan Penampilan Spektakuler
Erick Thohir Terharu...
Erick Thohir Terharu Saksikan Pernikahan Justin Hubner dan Jennifer Coppen
Momen Lucu Pangeran...
Momen Lucu Pangeran George Tahan Bersin di Trooping the Colour 2026, Ini Reaksi Kate Middleton!
Konser Reuni BTS di...
Konser Reuni BTS di Busan Molor 75 Menit, HYBE Minta Maaf dan Jelaskan Penyebabnya
Juan Persia Vanesya...
Juan Persia Vanesya Siapkan Mental dan Bahasa Inggris untuk Audisi Miss Indonesia 2026
Infografis
7 Masjid Tua di Jakarta...
7 Masjid Tua di Jakarta yang Ikonik dan Sarat Sejarah Islam
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved